x

Ini Pembalap Andalan Indonesia untuk SEA Games 2017

Jumat, 4 Agustus 2017 20:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pembalap sepeda dari Timnas Indonesia.

Timnas balap sepeda Indonesia yang berlaga di SEA Games 2017 Malaysia pada 19-30 Agustus mendatang, telah menyiapkan sejumlah pembalap andalan untuk tiga nomor yang diikuti. Sejumlah atlet senior juga dipastikan akan turun pada kejuaraan dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

Dilansir dari Antara, untuk nomor road race putra, Indonesia akan mengandalkan peraih emas nomor ITT pada SEA Games 2015 lalu yakni Robin Manullang. Selain itu ada nama Abdul Soleh, Aiman Cahyadi, Bernard Benyamin Van Aert, Dadi Suryadi, Erik Andriyanto, Fatahillah Abdullah, Nandra Eko Wahyudi, Heksa Prasetya, hingga pembalap senior Ryan Ariehan Hilmant.

Sementara itu, untuk sektor putri di nomor road race, Indonesia akan menurunkan Ayustina Delia Priatna, Magfirotika Marenda, dan Yanthi Fuchianty. Namun ada perhatian khusus buat Ayustina Delia Priatna, karena ia juga akan bertanding di kategori  track.

Robin Manulang (kanan) saat menggowes sepedanya di etape pertama.

Untuk nomor track putra, sejumlah pembalap di nomor road race juga akan ambil bagian, dalam artian para pembalap itu turun bertanding di dua kelas yang berbeda. Mereka adalah Robin Manullang, Ryan Ariehan Hilmant, Aiman Cahyadi, Fatahillah Abdullah, Nandra Eko Wahyudi, dan Erik Andriyanto. 

Kekuatan Indonesia diprediksi semakin kuat karena masih ada nama lain yang ikut ambil bagian yakni, Reno Yudha Sansoko, Puguh Ahmadi, Muhammad Nur Fathoni, Ahmad Aditya, Eko Bayu Nurhidayat, dan Elan Riyadi.

Masih dari nomor track, pada kategori putri Indonesia bakal menurunkan tiga pembalap yaitu Crismonita Dwi Putri serta dua pembalap senior, Uyun Muzizah dan Santia Tri Kusuma.

Baca Juga

Khusus untuk nomor track, manajer Timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra menegaskan jika persaingan di kategori putra dipastikan cukup berat mengingat tuan rumah, Malaysia memiliki atlet dengan status juara dunia yaitu Azizulhasni Awang.

Selanjutnya untuk kategori BMX, Indonesia bakal mengandalkan tiga pembalap yaitu Elga Kharisma Novanda di kelompok putri, serta I Gusti Bagus Saputra, dan Rio Akbar di sektor putra. Nomor BMX ini merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih medali emas, mengingat pada sektor road race dan track persaingannya jauh lebih berat.

"Elga merupakan salah satu harapan kami untuk mendulang emas dari balap sepeda. Semoga prestasi terbaik mampu diraih oleh tim balap sepeda Indonesia," tutur manajer Timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra.

Pembalap sepeda dari Timnas Indonesia.

Di sisi lain, Timnas balap sepeda Indonesia dikabarkan akan berangkat secara bertahap ke Negeri Jiran karena setiap nomor pertandingan tidak digelar secara bersamaan.

"Road race akan berangkat Kamis (10/08/17), BMX berangkat Sabtu (19/08/17) dan track tanggal 22 Agustus. Keberangkatan atlet ini disesuaikan dengan waktu masuk hotel yang disiapkan oleh penyelenggara. Semua pembalap langsung ke lokasi balapan," tutup Budi.

Balap SepedaSEA GamesRobin ManullangSEA Games 2017Robin Manulang

Berita Terkini