x

Pemanasan Sebelum Tatap Kejuaraan Dunia, Tibo Monabesa Tantang Petinju Filipina

Jumat, 30 Maret 2018 20:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri

Petinju Indonesia, Tibo Monabesa, akan menjalani pertarungan melawan petinju Filipina, Lester Abutan pada Sabtu 31 Maret 2018 di GOR Cengkareng Jakarta Barat. Pertandingan itu sekaligus pemanasan sebelum Tibo memutuskan melakngkah ke jenjang yang lebih tinggi yakni perebutan gelar juara dunia yang rencananya digelar tahun ini.

Baca Juga

Tibo Monabesa dan Lester Abutan akan bertanding di kelas terbang ringan 48.9 kilogram selama 12 ronde. Dan saat ini Tibo tecatat menggenggam gelar juara kelas terbang junior WBC International Silver. Gelar tersebut merupakan gelar juara divisi II di badan tinju tersebut, dan saat ini petinju asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu berada di peringkat 12 WBC.


1. Tibo Monabesa Persiapkan Diri

Tibo Monabesa

Untuk itu, Tibo mengatakan dia sudah menyiapkan diri dengan baik, bahkan beberapa bulan sebelumnya. Petinju bertubuh mungil itu berjanji akan memberikan tontonan dan pertarungan menarik pada besok malam pada pata penggemar, apalagi ia bertanding di rumah sendiri.

"Untuk laga besok malam saya sudah siapkan diri dengan baik bersama manajer, pelatih dan teman-teman beberapa bulan sebelum ini. Semuanya sudah siap dan saya ingin memberikan yang terbaik," ucapnya saat sesi timbang badan, Jumat (30/03/18) di Cengkareng, Jakarta Barat.

"Saya tidak targetkan berapa ronde atau KO, tapi saya pastikan akan beri yang terbaik," imbuhnya saat disinggung soal target pribadi.


2. Tibo Tak Remehkan Lawan

Lester Abutan

Meski demikian, Tibo mengatakan calon lawan dari Filipina itu bukan petinju kelas teri. Lester Abutan dinilai punya pukulan yang mematikan sehingga Tibo harus pandai mengatur strategi. Hal itu diketahui setelah Tibo bersama tim dari Sasana Armin Tan Boxing Camp melakukan analisa lewat video pertandingan.

"Dia (Lester) petinju yang sangat kuat pukulannya andalanya itu hook, itu sangat keras sekali. Tapi kita saudah siapkan strategi untuk mengatisipasi itu," beber Tibo.

"Dia (Lester) juga pernah kalahkan petinju Rene Patilano yang saya pernah rebut sabuk juara WBC, jadi kita tidak bisa remehkan Lester. Karena saya hanya menang angka lawan Rene sedangkan Lester menang KO, itu yang perlu diantisipasi," sambungnya.
 


3. Tibo Monabesa vs Lester Abutan

Tibo Monabesa vs Lester Abutan

Sementara itu, Lester Abutan yang menjadi penantang untuk memperebutkan gelar kelas terbang junior WBC International Silver tak mau kalah. Ia berjanji akan memberikan penampilan terbaik di tiap ronde dan tidak mau gegabah soal target memukul knock out (KO) Tibo Monabesa.

"Iya, saya akan lakukan yang terbaik. Pokonya saya berikan di tiap ronde, tidak ada target kapan harus KO, selama saya bisa, saya akan berikan terbaik," tutupnya.

Bagi Tibo Monabesa, pertandingan melawan Lester Abutan menjadi satu laga penentu sebelum dirinya memutuskan untuk naik level ke kejuaraan dunia. Promotor Armin Tan memastikan, besok (Sabtu, 31/3) malam, adalah pertandingan terakhir bagi Tibo Monabesa, namun enggan membocorkan di kelas mana petinju asal NTT itu bertanding di kejuaraan dunia.

"Ini yang terakhir bagi Tibo. Setelah pertandingan ini Tibo akan tampil untuk kejuaraan dunia. Kejuaraan dunia apa? WBC, WBA, WBO? Saya masih rahasiakan,” kata Armin Tan.
 

 
Tinju

Berita Terkini