x

10 Deret Atlet Terkaya 2018, Neymar Bukan yang Pertama

Minggu, 10 Juni 2018 10:00 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Yohanes Ishak
10 Atlet Terkaya 2018 terkaya versi Forbes

Belum lama ini, majalah bisnis asal Amerika Serikat (AS), Forbes telah merilis 10 atlet terkaya di tahun 2018 ini. Kekayaan yang didapat ini bukan hanya berdasarkan gaji mereka saja, tetapi juga dari beberapa pendapatan yang mereka miliki lainnya, seperti jadi bintang iklan, bisnis atau usaha sendiri, dan masih banyak lagi.

Menariknya, tidak ada nama sang pesepakbola asal Brasil termahal di dunia, Neymar Jr. di posisi pertama atau bahkan di posisi 3 besar sekalipun.

Lalu siapakah yang mengalahkan pendapatan dari pemain milik Paris Saint-Germain (PSG) tersebut? berikut ulasannya:

Baca Juga

1. 10.Matthew Stafford

Matthew Stafford, penggawa Detroit Lions.

Stafford menandatangani kontrak tertinggi di NFL pada musim panas lalu. Kontrak lima tahun bersama klub Detroit Lions itu bernilai 135 juta dollar (Rp1,88 triliun) dan jaminan sebesar 60 juta dollar (Rp835 miliar). Tak lupa, ia mendapat bonus kontrak sebesar 50 juta dollar AS (nyaris mencapai Rp700 miliar). Stafford adalah atlet utama NFL Draft 2009 dan Pro Bowler pada tahun 2014. 

Dia memimpin NFC lewat yard dan menetapkan catatan NFL sebagai tercepat hingga 3.000 penyelesaian untuk kariernya (125 pertandingan). 

Stafford juga menambah rekening tabungannya dari membintangi iklan Nike, PepsiCo, Fanatics, Blue Cross / Blue Shield, Ford Motor, Panini dan St. Joe's Hospital.


2. 9. Matt Ryan

Matt Ryan, salah satu atlet NFL ternama.

Ryan adalah atlet NFL pertama yang mendapat gaji 30 juta USD (Rp417 miliar) per tahun di bulan Mei. Gaji itu didapatkannya ketika Atlanta Falcons mengontraknya pada bulan Mei 2018 dan akan berakhir pada tahun 2023 mendatang. Ia juga mendapatkan bonus 100 juta USD (Rp1,40 triliun) per tahun dan 46,5 juta USD (Rp647 miliar). 

Ryan telah memenangkan MVP NFL tahun 2016 dan memimpin pertandingan sepanjang musim, ia juga membawa klubnya Atlanta Falcons ke Super Bowl. MVP dan Super Bowl turut menyoroti dirinya menjadi ikon promosi mereka dan ia lagi-lagi mendapat pundi-pundi kekayaan. Rekeningnya di setiap tahun tidak akan pernah habis karena ia juga membintangi merek-merek besar seperti Nike, Gatorade, Delta Airlines, IBM, Mercedes Benz, dan Banana Republic


3. 8. Stephen Curry

Stephen Curry, pemain megabintang Golden State Warriors.

Atlet basket NBA yang memperoleh dua kali gelar NBA Most Valuable Player (MVP) ini, telah menandatangani kontrak senilai 200 juta USD (Rp 2,78 triliun) di musim panas lalu dan pendapatannya itu adalah gaji yang meningkat 3 kali lipat dari yang sebelumnya. 

Adapun pendapatannya yang diperolehnya dari membintangi iklan Under Armour, Chase, Vivo, eHi, Nissan / Infiniti, Brita, Bubble dan JBL dan menghasilkan gaji tambahan sekitar 42 juta dollar AS (Rp 581 miliar).

Ia juga merambah bisnis di dunia produksi media. Sony Pictures mengumumkan secara resmi mengenai mitra pengembangan dan produksinya dengan Curry. Proyek ini merupakan proyek besar-besaran yang ditawarkan Sony padanya. 

Diluar kerjasamanya dengan Sony, ia juga berencana mendirikan perusahaan produksi bernama Unanimous Media, yang didirikan oleh Curry dan partnernya, Jeron Smith dan Erick Peyton yang akan mengembangkan dan memproduksi proyek-proyek film dan televisi dengan fokus pada keluarga, rohani, dan tema olahraga.


4. 7. Roger Federer

Roger Federer, petenis asal Spanyol.

Petenis terbesar sepanjang masa, Roger Federer, menorehkan rekor barunya menjadi 20 gelar di sepanjang kariernya. Roger adalah petenis nomor satu di dunia pada tahun 2018. 

Kekayaannya datang dari hadiah yang diperolehnya dalam beberapa turnamen. Diperkirakan ada 166 juta USD di dalam rekeningnya (1,6 triliun rupiah). Itu belum dihitung dengan penghasilannya dari iklan Mercedes-Benz, Lindt, Nike, Wilson, Credit Suisse, Mercedes, Rolex, Lindt, Jura, Moet & Chandon, Sunrise dan NetJets. 

Belum lagi kontraknya bersama salah satu merk Pasta bernama Barilla, membayarnya dengan upah tinggi dan nilianya setara dengan 20 unit rumah mewah di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan. 

Roger juga membangun Yayasan kemanusiaan dan telah mengumpulkan lebih dari 40 juta dollar AS yang bertujuan untuk mendidik satu juta anak di Afrika pada akhir 2018.


5. 6. LeBron James

LeBron James besar kemungkinan meninggalkan Cleveland Cavaliers pada akhir musim nanti.

Pemenang empat kali NBA Most Valuable Player Award, telah berhasil mencapai Final NBA selama delapan tahun berturut-turut. Baru-baru ini, ia memecahkan rekor yang pernah diraih Michael Jordan dari beberapa pertandingan yang diikutinya secara berturut-turut. Ia adalah peraih 30.000 poin dalam kariernya. 

Reputasinya sebagai atlet basket tersukses mengundang beberapa produk seperti Nike, Coca-Cola (Sprite), Beats By Dre, Nike, Kia Motor, Intel, dan Blaze Pizza untuk membintangi iklannya dan sepatu Nike dengan seri LeBron James adalah seri terlaris dibandingkan seri pemain NBA lain yang masih aktif.

Untuk penghasilan lainnya, James adalah seorang investor pemula di Blaze, dan kelompok investornya memiliki 17 waralaba yang tumbuh cepat. Ia juga menanamkan saham sekitar 2 persen di Liverpool FC, diperoleh melalui kemitraannya dengan Fenway Sports Group. James juga memiliki perusahaan produksinya sendiri (SpringHill Entertainment) dan perusahaan media (Uninterrupted).

Namun dibalik semua kekayaannya LeBron terkenal sebagai dermawan yang baik hati. Ia telah menghabiskan dana sebesar 41 juta dollar AS untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak Ohio ke perguruan tinggi. Dan pada tahun 2018, untuk yang pertama kalinya Yayasan yang ia miliki telah membuka sekolah dasar.  


6. 5. Neymar

Pemain megabintang PSG, Neymar Jr.

Pada bulan Agustus 2017 pesepakbola kelahiran Brasil ini menandatangani kontrak selama lima tahun ke Paris Saint-Germain. Demi memboyong Neymar ke Prancis, PSG merogoh kocek hinga 333 juta euro (Rp3,5 triliun rupiah).

Sisanya, 350 juta USD (Rp4,87 triliun) akan dibayarkan dalam bentuk gaji melalui kontraknya di Ligue 1 Prancis yang berlangsung hingga Juni 2022. 

Seperti atlet sukses lainnya ia juga bekerja di luar lapangan dengan beberapa produk speerti Nika, Red Bull, Gillette, McDonalds, dan Beats by Dre. Dan ia adalah orang pertama di dunia yang meluncurkan produk sepatu Nike Air Jordan yang diproduksi oleh Swoosh.


7. 4. Conor McGregor

Juara UFC, Conor McGregor.

Bintang UFC, Conor McGregor, meraih pembayaran terbesarnya hingga saat ini berkat pertandingan tinju di tahun 2017 saat ia melawan Floyd Mayweather. 

Penghasilannya kira-kira 85 juta dollar AS (Rp1,17 triliun) dan pendapatannya itu lima kali lipat dari gaji sebelumnya. Selain itu, ia juga menerima dalam setiap pertandingan yang ia lakoni senilai 4,3 juta USD atau nyaris mencapai Rp60 miliar dan jika ditotal secara menyeluruh dalam pertarungan yang dijalankannya, petarung asal Skotlandia ini dilaporkan bisa menerima 550 juta USD atau lebih dari Rp7,6 triliun.

Belum lagi pemasukkan dari iklan yang dibintanginya seperti Burger King, Beats by Dre, Monster Energy, David August, BSN, Anheuser-Busch, HiSmile, dan Betsafe. 

Kontrak itu belum dihitung dengan kontrak  residensi dengan Wynn Las Vegas untuk segala kebutuhan pestanya, dan segala kebutuhan  digitalnya terpenuhi secara gratis. Conor McGregor juga menjadi ikon untuk beberapa produk digital seperti aplikasi MacMoji, Aplikasi MacTalk dan Mac Life. 


8. 3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Ronaldo telah menorehkan 44 gol dalam 43 pertandingan di semua kompetisi di musim 2017/18 dan untuk yang kelima kalinya ia dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik di dunia oleh Ballon d'Or, sebuah penghargaan bergengsi tingkat dunia yang dianugerahkan pada pemain sepakbola. Belum lagi dengan Piala Liga Champions yang diraihnya bersama klub Real Madrid.

Real Madrid menggajinya lebih dari 50 juta dollar AS (nyaris Rp700 miliar) hingga tahun 2021. Ronaldo, pesepakbola berwajah tampan dan menjadi idola banyak perempuan di dunia juga membintangi beberapa iklan. 

Ia menjadi brand ambassador seumur hidup untuk produk sepatu Nike, yang memberinya upah 1 miliar dollar AS (Hampir menyentuh Rp14triliun). Adapun produk lain yang mempercayakannya sebagai ikon utama seperti Herbalife, EA Sports dan American Tourister. 

Ronaldo juga punya unit usaha yang bergerak di bidang fashion yang memproduksi sepatu, pakaian dalam, parfum, jeans dengan menggunakan nama akrabnya, CR7. Putra sulungnya juga dilibatkannya dalam produksi pakaian anak-anak. Tak berhenti sampai di situ, Ronaldo akan membuka restoran dan hotel yang akan dibuka di Brasil dalam waktu dekat ini. Dan ia adalah Pria paling populer di dunia dengan 322 juta pengikut di media sosial.  


9. 2. Lionel Messi

Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

Messi mengakhiri musim 2017/18 sebagai 5 besar pesepakbola yang menorehkan gol terbanyak di Eropa, yakni 45 gol dari sekian banyak kompetisi yang ia ikuti. 

November 2017 ia memperpanjang kontrak dengan klub yang berbasis di Spanyol, Bacelona, hingga tahun 2021. Perpanjangan kontrak itu memberinya gaji lebih dari 80 juta USD (Rp1 triliun) per tahun. 

Penghasilannya itu belum dihitung dengan kesepakatannya seumur hidup dengan Adidas dan ia juga membintangi sejumlah produk lain seperti Gatorade, Pepsi, Ooredoo, Huawei dan Hawkers. Dan rencananya akan ada taman hiburan dengan tema Lionel Messi yang bertajuk Messi Experience, akan dibuka pada tahun 2020 di kota Nanjing, Cina.


10. 1. Floyd Mayweather

Floyd Mayweather dengan sarung tinju warna pink.

Mayweather menepati peringkat pertama sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk yang keempat kalinya, dalam kurun waktu tujuh tahun.

Hanya butuh 36 menit di ring saat McGregor melawannya maka ia mampu menghaislkan 275 juta dollar Amerika Serikat (Rp 3,8 triliun). Dan uang itu belum termasuk 10 juta dollar (Rp 138 miliar) AS yang ia hasilkan diluar pertandingan. 

Pertandingan yang mempertemukan bintang-bintang UFC menghasilkan 4,3 juta pembelian hak cipta untuk siaran televisi. Dan itu belum termasuk 550 juta dollar AS (Rp 7,6 triliun) yang penyelenggara dapatkan dari tiket penonton dan periklanan. 

Pertarungannya saat melawan McGregor, menambah pundi-pundi keuangannya hingga menjadi 1 miliar dollar AS. Namanya kian melejit dengan sederet atlet papan atas lainnya seperti Michael Jordan dan Tiger Woods.

Ia sempat bermitra dengan dua brand ternama untuk memproduksi Tequila Avion dan jam tangan Hublot dengan edisi khusus seharga 28 ribu dollar AS (nyaris Rp400 juta). Adapun jam tangan dengan seri lain yang berwarna kuning emas, bertakhtakan lebih dari 400 berlian dengan harga 93.700 dollar AS (Rp 1,2 miliar)

Cristiano RonaldoNeymarLeBron JamesFloyd MayweatherLionel MessiUltimate Fighting Championship (UFC)Stephen CurryRoger FedererNBA All-StarMulti-EventConor McGregorAmerican Football

Berita Terkini