x

Beda Nasib dengan Zohri, Prestasi Internasional 3 Atlet Indonesia Ini Terabaikan Publik

Selasa, 17 Juli 2018 11:28 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Arum Kusuma Dewi
(ki-ka) Fauzan Noor, Lalu Muhammad Zohri, dan Samantha Edithso.

Baru-baru ini, atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil menjuarai Kejuaraan Atletik U-20 di Finlandia. Keberhasilan Zohri menyabet gelar juara mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari masyarakat Indonesia.

Menyandang gelar Juara Dunia, membuat banyak pihak yang tak mau ketinggalan untuk memberikan apresiasinya. Mulai dari Presiden, menteri sampai masyarakat umum berbondong-bondong ulurkan tangan beri apresiasi. 

Lalu Muhammad Zohri, berhasil mencetak prestasi yang sangat membanggakan dan mengejutkan banyak pihak baik di Indonesia maupun dunia.

Baca Juga

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA

Selain Zohri, nyatanya ada beberapa atlet Indonesia yang juga berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya di kancah internasional. Lantas, siapa sajakah atlet tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya.


1. Samantha Edithso

Samantha Edithso, pecatur cilik yang jadi juara dunia asal Indonesia.

Prestasi gemilang berhasil ditorehkan oleh Samantha Edithso. Pecatur cilik Indonesia itu berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara pada ajang FIDE World Championship U-10 2018.

Samantha berhasil mengharumkan nama Indonesia di Minsk, Belarusia, pada akhir Juni lalu. Pecatur cilik Indonesia tersebut tampil gemilang tak terkalahkan dalam sembilan babak. Selain itu, dirinya mendapatkan nilai akhir 8,5 poin.

Samantha nyatanya sudah pernah mengharumkan nama Indonesia dalam beberapa kesempatan. Di tahun 2017 lalu, pecatur kelahiran tahun 2008 itu berhasil mempersembahkan medali emas pada kejuaraan Antar Pelajar Asia ke-13 di Tiongkok.

"Waktu kelas satu, saya sengaja ikut ekstrakurikuler catur. Saya terus bermain dan akhirnya meraih kemenangan. Saya senang sekali," ucap Samantha, dikutip dari Liputan 6.


2. Fauzan Noor

Fauzan Noor juara dunia Karate.

Atlet lain yang berhasil menorehkan prestasi gemilang untuk Indonesia di kancah internasional adalah Fauzan Noor. Atlet Karate Indonesia itu berhasil menjadi yang terbaik di kejuaraan Karate Tradisional tingkat dunia di Praha, Republik Ceko.

Kisah Fauzan sendiri nyatanya tak berbeda jauh dengan pelari atletik Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Fauzan harus bersusah payah berangkat dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.

“Ceritanya, dgn bantuan 'pihak asing' yg prihatin tulus, dgn bismillah, kaki pun melangkah ke Eropa, awal mula tak terhirau di bumi sendiri, sejak berangkat pun, tertatih seadanya, sangu nyaris tak ada, untung receh masih bisa beli kacang garuda dan beberapa bungkus mie instan.”

“Di sana alhasil mampu manjadi juara, Sukurnya ada bendera meski diambil dari tongkat parade para pembawa simbol negara. Juara untuk Indonesia,” tulis pengguna Facebook Amank Emoz di Facebook Fauzan Noor, Sabtu (14/07/18).


3. Tim Junior Wushu

Tim junior Wushu dalam kejuaraan dunia wushu junior di Brasil.

Atlet lain yang berhasil meraih prestasi gemilang di kancah internasional adalah tim Wushu junior Indonesia. Pada saat bertanding di Kejuaraan Wushu Junior di Brasilia, Brasil, Tim Wushu Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan.

Medali emas diraih oleh atlet wushu putra, Jevon Kusmoyo dari nomor Taiji Pedang. Jevon juga memenangi perak di nomor Taiji, prestasi serupa juga diraih Nadya Permata (Changquan), Joyceline (Jianshu), dan Nadya Permata (Ginshu A).

"Alhamdulillah, sementara ini tim kita telah mengumpulkan satu medali emas, empat perak dan lima perunggu. Mereka merupakan hasil kejuaraan nasional senior dan junior Piala Raja di Yogyakarta Maret lalu," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) di Jakarta.

Baca Juga

"Tim wushu junior kita ini akan menjadi cikal bakal pelapis tim senior yang ada sekarang. Maka, agar tidak ada kesenjangan antara junior dengan senior, perlu diberikan kesempatan kepada junior untuk menimba pengalaman di kejuaraan dunia," tambahnya.

"Sebagai tuan rumah Asian Games nanti, kita juga harus sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi. Wushu akan menjadi salah satu cabang andalan untuk mendulang emas di Asian Games 2018," pungkas Airlangga.

Selamat! Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

IndonesiaWushuAtletCaturTRIVIALalu Muhammad Zohri

Berita Terkini