x

Termasuk Genap-ganjil, Ini Cara 'Paksa' Pemerintah Muluskan Asian Games 2018

Rabu, 1 Agustus 2018 19:02 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Tiga kota di Indonesia tengah bersolek untuk menyambut pagelaran pesta olahraga multi event, yakni Asian Games 2018. Sehingga pemerintah bersama INASGOC mengambil tindakan agar Asian Games 2018 berjalan dengan mulus.

Salah satu masalah yang tengah hinggap menjelang Asian Games 2018 adalah kemacetan lalu lintas di tiga kota, yakni Bandung (Jawa Barat), Jakarta (DKI), dan Palembang (Sumatera Selatan). Namun yang menjadi sorotan adalah Jakarta dan sekitarnya.

Oleh sebab itu Dirlantas Polda Metro Jaya, Pemprov DKI Jakarta, INASGOC, serta Korlantas Mabes Polri akan mensosialisasikan perluasan kawasan dan memperpanjang waktu aturan plat nomor ganjil-genap bagi kendaraan pribadi di jalanan Jakarta, termasuk tol.

Baca Juga

"Hasil koordinasi dengan pemangku kepentingan, petugas akan mencoba memberlakukan sistem buka-tutup 19 pintu tol dari Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat menuju venue atau arena di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusuf.


1. Alasan Simulasi

Gerbang tol dalam kota.

Uji coba simulasi buka-tutup pintu tol itu guna meningkatkan kelancaran rombongan kendaraan atlet maupun ofisial Asian Games 2018 yang akan bertanding. Hasil simulasi sementara, memperlihatkan hasil yang cukup bagus.

"Jarak tempuh yang dilakukan untuk mengantar kontingen atlet ke berbagai venue sudah cukup efektif," tambah Yusuf, Rabu (01/08/18).

Baca Juga

Akan tetapi pihaknya belum bisa menjamin tidak adanya kemacetan namun pihaknya telah mengambil kebijakan dengan memperhatikan semua kepentingan pihak agar tidak merugikan salah satu pihak.


2. Pintu Tol Ditutup

Ilustrasi Pintu Tol Slipi yang dialihkan selama Asian Games 2018.

Sekadar informasi, sebanyak 19 pintu tol di Jakarta ditutup dengan jam tertentu, yakni keberangkatan atlet dimulai pukul 06.00-17.00 WIB, dan kepulangan pada pukul 12.00-21.00 WIB.

Saat pemberangkatan itu terdapat penutupan terhadap 10 pintu tol mulai pukul 06.00-17.00 WIB dan penutupan sembilan pintu tol saat kepulangan sejak pukul 12.00-21.00 WIB.

Baca Juga

Pintu tol yang buka-tutup pukul 06.00-17.00 yakni Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp Rumah Sakit Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati dan TMII.

Pintu tol yang ditutup pada pukul 12.00-21.00 yaitu edong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas dan TMII.

Beberapa waktu lalu, Yusuf mengungkapkan polisi juga telah mengujicobakan simulasi lain melalui perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju venue Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dengan jarak tempuh mencapai 30 menit.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.COM.

Asian GamesAsian Games 2018DKI JakartaMulti-EventPolisiIndonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC)

Berita Terkini