x

Catat! Ini Hasil Drawing Lengkap eSports di Asian Games 2018

Kamis, 16 Agustus 2018 15:06 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ekshibisi eSports di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Berbeda dari edisi sebelumnya, Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta – Palembang siap menyajikan banyak hal yang baru, salah satunya adalah eSports.

Seperti diketahui, olahraga digital ini baru saja dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018.

Namun eSports ini nantinya hanya berstatus sebagai eksibisi. Maksudnya adalah seluruh game yang dimainkan akan memperebutkan medali, namun medali yang didapat tidak akan masuk dalam hitungan perolehan medali cabang olahraga lain.

Baca Juga

Total terdapat enam game yang dipertandingkan. Keenam pertandingan tersebut adalah Clash Royale, Arena of Valor (AoV), Hearthstone, Starcraft II, League of Legends (LoL), dan Pro Evolution Soccer (PES) 2018.

Keenam game tersebut akan berlangsung pada 26 Agustus 2018 hingga 1 September 2018 mendatang di BritAma Arena, Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Indonesia selaku tuan rumah dipastikan menurunkan atlet-atlet terbaiknya di semua game tersebut. Selain itu tim Indonesia telah melakukan persiapan dengan cukup matang dan siap berlaga di Asian Games 2018.

Pada Senin (13/08/18) lalu, Federasi eSports Asia (AESF), sudah melakukan pengundian untuk seluruh game yang dipertandingkan di Asian Games 2018 beserta waktu pertandingannya.


1. 26 - 29 Agustus 2018

eSport Arena of Valor (AOV)

Arena of Valor menjadi game pembuka yang akan dipertandingkan pada 26 Agustus 2018 untuk cabor eSports di Asian Games 2018. Game ini berformat sistem gugur atau eliminasi yang terdiri dari delapan negara. Indonesia sendiri akan berhadapan dengan Taiwan.

Arena of Valor akan menjadi game pembuka untuk exhibiton match eSports Asian Games 2018.

Hari kedua eSports akan mempertandingkan game yang sempat booming di Indonesia, yakni Clash Royale. Sama seperti AoV, Clash Royale juga memiliki format eliminasi atau sistem gugur.

Indonesia yang diwakili oleh Ridel Yesaya Sumarandak harus berjumpa dengan wakil negara kuat, China.

Berlangsung tanggal 27 Agustus 2018, Clash Royale.

Selain Clash Royale, hari kedua juga akan mempertandingkan game League of Legends (LoL). Game buatan Garena ini terbagi dibagi dalam dua grup, di mana dua tim teratas setiap grup akan lolos ke babak semifinal.

Khusus untuk League of Legends, tanggal 27-29 Agustus 2018.

Oleh karena itu, LoL akan berlangsung selama tiga hari, sejak 27 Agustus hingga 29 Agustus 2018. Indonesia sendiri tergabung dalam grup B bersama Pakistan, Arab Saudi, dan Taiwan.


2. 30 Agustus – 1 September 2018

Pro Evolution Soccer-Asian Games

Pada 30 Agustus 2018, giliran Starcraft II yang akan dipertandingkan. Game ini juga akan berlangsung selama satu hari saja dan memiliki format sistem gugur atau babak eliminasi yang terdiri dari delapan negara. Indonesia harus siap bertemu dengan wakil Asia Barat, Iran.

StarCraft II mulai bertanding tanggal 30 Agustus 2018.

Keesokan harinya, Jumat (31/08/18), adalah game Hearthstone yang dimainkan. Sama seperti game Starcraft II, Hearthstone ini menggunakan sistem gugur dan berlangsung satu hari penuh. Negara tetangga, Thailand akan menjadi lawan pertama Indonesia.

Cabang Hearthstone, tanggal 31 Agustus 2018.

Hari terakhir game yang dipertandingkan adalah Pro Evolution Soccer (PES) 2018. PES ini hanya berlangsung selama satu hari meskipun menggunakan format round robin untuk menentukan dua tim teratas lolos ke fase knockout. Indonesia sendiri berada di grup B bersama Vietnam, Jepang, dan India.

PES 2018 akan dipertandingkan pada tanggal 1 September 2018.

Penulis: Dimas Ramadhan

INASGOC BUKA SUARA SOAL LAPANGAN 'SAWAH' VIETNAM

Ikuti Terus Berita Sport dan Bola Indonesia hanya di INDOSPORT.COM

Asian Games 2018Pro Evolution SoccerPESeSportsJadwal Asian Games 2018Arena of Valor (AOV)

Berita Terkini