x

3 Kejadian yang Hanya Ada di Opening Asian Games 2018

Minggu, 19 Agustus 2018 13:42 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kemeriahan Opening Ceremony Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Banyak hal-hal baru terlihat dalam Opening Asian Games 2018, yang berbeda dari pembukaan edisi sebelum-sebelumnya.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/08/18) usai digelar semalam. Kemeriahan dan kemegahan upacara pembukaan Asian Games ke-18 itu pun membuat takjub mata yang memandang.

Beragam aksi pementasan drama hingga tari-tarian dan lagu-laguan daerah benar-benar memanjakan mata siapapun yang menyaksikannya.

Tak hanya itu, defile atlet negara-negara peserta Asian Games yang ke-18 juga tak sedikit yang bisa membuat kita takjub. Banyak cerita pastinya bagi yang menonton acara tersebut dan akan ikut merasa senang serta bangga.

Baca Juga

Nah, dari hal itu ternyata juga ada beberapa keunikan yang sebelumnya tak pernah ada di perhelatan Asian Games manapun. Berikut INDOSPORT merangkum tiga keunikan selama opening ceremony Asian Games 2018.


1. Korea Bersatu

Upacara pembukaan Asian Games 2018 menjadi saksi banyak pasang mata dunia dari momen bersejarah bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara.

Dalam pembukaan Asian Games 2018 tadi malam, menjadi catatan sejarah tersendiri bagi bangsa Korea Selatan dan Korea Utara serta dunia di perhelatan pesta olahraga terbesar Asia ini.

Pasalnya, untuk pertama kalinya di Asian Games, kontingen dari dua Korea, yakni Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan saat pembukaan Asian Games yang ke-18 itu.

Kedua Korea berada dalam satu bendera, yakni Korea Bersatu dan berjalan bersama sambil bergandengan tangan. Sebuah momen yang sangat unik dan bersejarah.

Dalam perhelatan Asian Games 2018 ini, terdapat juga tiga cabang olahraga yang merupakan gabungan dari dua Korea, yakni bola basket puteri, kano dan dayung.


2. Jepang dan Suriah Bawa Bendera Indonesia

Kontingen Jepang kibarkan bendera Indonesia.

Selain dua Korea yang bersatu saat pembukaan defile atlet Asian Games 2018 semalam, terdapat aksi unik lainnya yang bahkan membuatnya menjadi haru.

Dua negara peserta, Jepang dan Suriah saat proses defile, para kontingen tersebut tidak hanya membawa bendera negaranya sendiri, melainkan juga membawa bendera tuan rumah, Indonesia.

Hal itu menandakan kontingen Jepang respect dan menghargai Indonesia selaku tuan rumah pesta olahraga paling bergengsi empat tahunan tersebut.

Akibat aksi tersebut, para penonton yang ada di stadion langsung bersemarak dan memberikan tepuk tangan terhadap aksi yang terpuji itu. Di media sosial juga tak sedikit yang memuji dan senang dengan aksi yang dilakukan oleh Suriah dan Jepang.


3. Jokowi ‘Goyang Dayung’

Joko Widodo dan Iriana joged di pembukaan Asian Games 2018.

Tak hanya yang serius-serius, dalam pembukaan Asian Games 2018 semalam juga ada momen unik yang menghibur dan lucu.

Salah satunya adalah aksi ‘goyang duyung’ yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Goyangan dari Presiden Jokowi itu hadir ketika penyanyi cantik Via Vallen sedang melantunkan lagu tema resmi dari Asian Games 2018, Meraih Bintang.

Presiden Jokowi yang duduk bersama sang istri, Iriania Jokowi terlihat nampak sangat menikmati lagu yang bernuansa dangdut itu. Namun, saking menikmatinya, ia asyik bergoyang.

Pria yang lahir di Surakarta tersebut seperti menirukan gerakan atlet dayung. Sontak, video dirinya ‘goyang duyung’ pun langsung ramai dibicarakan oleh banyak orang, termasuk di media sosial.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana.

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.

JepangAsian GamesKorea SelatanKorea UtaraAsian Games 2018Joko WidodoSuriahStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Listicle Asian Games 2018

Berita Terkini