x

3 Hal Mengerikan Jika Atlet China Gagal Raih Medali Emas

Minggu, 2 September 2018 21:48 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Atlet China di Asian Games 2018 berfoto bersama boneka Kaka.

INDOSPORT.COM - Roda kehidupan pasti berputar. Kejayaan yang diraih, bisa saja runtuh seketika saat nasib sedang tidak baik.

Filosofi hidup tersebut seperti mengingatkan, bahwa setiap orang harus bersiap untuk mengalami kegagalan. Ya, gagal adalah suatu hal yang biasa, tergantung bagaimana upaya kita untuk bangkit kembali.

Namun, roda kehidupan nampaknya tak akan berlaku bagi mereka warga negara China yang berprofesi sebagai atlet. Gagal merupakan hal yang begitu diharamkan.

Baca Juga

Mengapa? Ya, konsekuensi yang diterima atlet China jika mengalami kegagalan dalam bertanding akan sangat berat. Pokoknya, jauh lebih menyakitkan ketimbang komentar pedas netizen Indonesia.

Tak heran, bila akhirnya China mampu mendulang banyak prestasi mengesankan di dunia olahraga. Pada gelaran Asian Games 2018 saja, China berhasil keluar sebagai juara umum dengan torehan 132 medali emas, 92 medali perak, dan 65 perunggu.

Lalu, apa saja konsekuensi berat yang harus diterima atlet China bila mengalami kegagalan? Berikut rangkuman INDOSPORT.com.


1. Dianggap Aib

Pelari China, Su Bingtian di Asian Games 2018.

Cibiran netizen Indonesia di kolom komentar tak seberapa, bila dibandingkan dengan konsekuensi yang didapat atlet China bila gagal meraih prestasi. Pasalnya, atlet China yang gagal akan dicibir oleh masyarakat senegaranya (China negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia) dan berlangsung di dunia nyata (bukan cuma di media sosial).

Ya, bila gagal, sang atlet akan dianggap sebagai aib nasional. Rasa kecewa dan malu pasti akan begitu menyiksa bila seandainya mengalami kegagalan saat bertanding.

Cara ini sendiri sebenarnya tak bisa disalahkan, mungkin ini bisa jadi motivasi lebih. Namun, ini jelas bertentangan dengan konsep dasar olahraga yang menjunjung tinggi rasa kemanusiaan lewat sportifitas.


2. Keselamatan Anggota Keluarga Terancam

Timnas China usai dikalahkan Arab Saudi di Asian Games 2018

Sorotan terhadap kegagalan yang diraih atlet China akan begitu tinggi. Bukan cuma media, orang-orang sekitar juga akan mencaci maki mereka.

Bahkan, tak jarang hal ini membuat keselamatan anggota keluarga mereka terancam. Rumah dirusak, hingga ancaman pembunuhan jadi hantu yang membayangi jika sampai gagal meraih prestasi.


3. Hilangnya Fasilitas dan Kemewahan

Wang Shanshan, striker timnas wanita China.

Kegagalan sangat diharamkan bagi atlet China. Sebab, bila sampai gagal, segala fasilitas dan kemewahan yang telah diterima akan begitu saja hilang dicabut pemerintah.

Baca Juga

Lebih parah lagi bila ini terjadi kepada atlet yang memiliki keterampilan rendah di luar bidang olahraga. Seperti dilansir  laman media Inggris, BBC, banyak atlet yang tidak dibekali pendidikan cukup, sehingga saat segala fasilitas dicabut mereka hidup dalam kesengsaraan dan kemiskinan.

Ikuti terus berita olahraga serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.

ChinaAsian Games 2018Multi-EventTRIVIA

Berita Terkini