x

Disorot Media-media Dunia, Asian Games 2018 Disebut yang Terbaik Sepanjang Sejarah

Senin, 3 September 2018 16:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kemegahan dan kemeriahan pembukaan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 telah resmi berakhir dengan selesainya upacara penutupan yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (02/09/18) kemarin.

Kontingen Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Perolehan ini pun jauh melampaui target yang diusung sebelum dimulainya Asian Games 2018.

Sejumlah media besar dunia tak segan-segan memuji Asian Games 2018 sebagai salah satu atau bahkan yang terbaik sepanjang sejarah. 

Baca Juga

Misalnya saja yang diungkapkan oleh media kenamaan Hong Kong, South China Morning Post (SCMP). SCMP menulis dalam judul artikelnya "Asian Games: Sun Yang, Jordan Clarkson and other world-class athletes help Indonesia stage the best Games ever".

Kevin Sanjaya berikan pesan ke Fajar/Rian usai mengalahkannya di final Asian Games 2018. Herry Ibrahim/INDOSPORT

SCMP menyoroti banyaknya atlet-atlet kelas dunia yang berpartisipasi dalam Asian Games 2018 sehingga menaikan level ajang multi-event terbesar kedua di dunia itu sebagai yang terbaik. 

SCMP pun tak lupa memuji 30 ribu sukarelawan yang terlibat dalam melancarkan penyelenggaraan Asian Games di Jakarta Palembang.

Mereka tak segan menyebut relawan Indonesia sebagai yang terbaik yang pernah ada di Asian Games. 

Tim renang indah China menyapu bersih medali emas Asian Games 2018

Ulasan positif juga hadir dari surat kabar ternama Amerika Serikat, The New York Times. Surat kabar yang berbasis di New York itu memasang tajuk berita yang berjudul "Asian Games Close: Indonesia Shows It's the 'Energy of Asia'.

India, sebagai salah satu negara terbesar di Asia, pun tak ketinggalan memuji Asian Games 2018. Surat Kabar India, New Indian Express, yang mengutip kantor berita United News of India (UNI), memasang tajuk berita berjudul: "Indonesia bids emotional farewell to Asian Games 2018 with fabulous closing ceremony".


1. Persiapan yang Mepet

Kemegahan dan kemeriahan pembukaan Asian Games 2018.

Asian Games 2018 sendiri dapat berjalan lancar dan sukses di tengah persiapan yang serba mepet. Indonesia, melalui INASGOC, hanya memiliki waktu efektif tiga tahun dari yang normalnya adalah tujuh tahun dalam mempersiapkan event sebesar Asian Games. 

Hal itu terjadi sebagai akibat dari mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games ke 2018, sehingga Indonesia yang disetujui Komite Olimpiade Asia untuk menggantikannya, harus mempersiapkannya dengan waktu yang sempit. 

Para atlet pun dalam beberapa kesempatan menyatakan kepuasaannya berpatisipasi dalam Asian Games 2018 yang dipenuhi antusiasme tinggi dari masyarakat Indonesia. 

Sekedar informasi, acara upacara pembukaan Asian Games 2018 sendiri sempat menggemparkan jagat Asia dan dunia. 

Baca Juga

Tagar #OpeningCeremonyAsianGames2018 sempat merajai trending topic di dunia. Sejumlah negara seperti Korea bahkan menjadikan Asian Games 2018 dan Presiden Jokowi sebagai perbincangan hangat di jagat twitter. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Serba-serbi Asian Games 2018 Lain di INDOSPORT

Asian Games 2018Serba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini