x

Asyiknya Nonton Motor Lompat-lompatan di Sirkuit Pagedangan

Rabu, 1 Juni 2016 11:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Irfan Fikri

Lahan bertanah liat seluas hampir 20 hektar di sulap menjadi arena untuk offroad baik roda dua maupun roda empat berkat hasil kerjasama pengembang perumahan Bumi Serpong Damai (BSD) dengan pemerintah daerah setempat.

Tak sulit mencari tempat ini. Jika Anda keluar tol BSD, Anda akan melihat beberapa petunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke tempat ke tempat tujuan.

Setiba di sirkuit anda akan  menemukan lahan kosong dengan rute yang telah dibuat dan dirawat. Tempat yang luas dan jauh dari kebisingan kota akan membuat Anda semakin menyatu dengan kendaraan.

Sejak diresmikan pada 2014 silam, sirkuit berstatus semi-permanen mampu mengakomodir kedahagaan para pencinta olahraga offroad dengan beberapa kategori trek seperti fffroad racing, adventure offroad, motocross, enduro-cross dan beberapa cabang motorsport lainnya.

Harga tiket untuk masuk ke tempat ini sangatlah terjangkau. Untuk seharian menguji andrenalin, anda hanya cukup merogoh kocek dari 50 ribu hingga 150 ribu tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

“Disini sewanya lumayan murah, hanya 50-150 ribu dan itu seharian terserah mau main apa saja. Tetapi kita hanya menyiapkan lahan, soal motor, minyak dan sebagainya itu urusan penyewa,” ungkap salah satu pengelola harian kepada INDOSPORT.


Aksi para crosser di Sirkut Pagedangan Tangerang.

Trek yang panjang dan terawat juga menjadi salah satu kelebihan Sirkuit Pagedangan. Hal ini pula yang membuat penggila motocross dan mantan pembalap asal Italia, Matteo Guerinoni yang langsung mengangkat jempolnya saat ditanyai INDOSPORT mengenai kualitas lintasan.

“Saya selalu rawat tempat ini, mulai dari hal yang perlu dibersihkan, jalur yang perlu ditimbun dan sebagainya. Matteo sebagai salah satu penggagas selalu memberikan tips dan mengajarkan saya bagaimana membuat sirkuit ini tetap nyaman,” tutur Haris, petugas sirkuit saat di temui.


 Matteo Guerinoni, mantan pembalap superbike asal Italia yang juga dikenal sebagai pengamat MotoGP di televisi nasional, sedang istirahat usai asyik ber-crossing ria di Sirkuit Pagedangan.

Keberadaan Sirkuit Pagedangan juga tidak jauh dari pusat pernbelanjaan, AEON Mall yang memungkinkan para pembalap bisa melepaskan penat atau sekedar mencari makanan disana sambil menikmati para crosser dengan lompatan nyaris 5 meter.

Banyaknya penjaja makanan dan minuman yang berada di jalan raya, di pinggir sirkuit bisa mengobati lapar anda jika lelah menggeber kendaraan anda, atau hanya sekedar menikmati mie instan hingga kopi panas bisa membuat hari anda semakin bergairah.

Tempat ini cukup ramai dikunjungi saat akhir pekan, banyak penggemar olahraga roda dua maupun empat sering kali datang menjajal dan menguji andrenalinnya di lintasan tanah tersebut.  

Sport TourismMatteo GuerinoniSirkuit Pagedangan

Berita Terkini