x

5 Pembalap Top MotoGP yang Sering Kecelakaan dalam 5 Tahun Terakhir

Senin, 6 Juni 2016 15:50 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono

Pembalap Ducati, Andrea Iannone dan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo gagal melanjutkan balapan setelah keduanya terlibat insiden kecelakaan dan harus mengakhiri balapan lebih awal. 

Sebabnya, Iannone secara tidak sengaja menyeruduk bagian belakang motor pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo saat ia berusaha merebut posisi kelima dari tangan pembalap asal Spanyol tersebut.


Andrea Iannone terlibat insiden kecelakaan dengan Jorge Lorenzo di sirkuit Catalunya. 

Alhasil, keduanya harus terpelanting dari tunggangannya masing-masing sebelum akhirnya mencium aspal lintasan dan gagal melanjutkan balap.

Akibatnya, Iannone dinyatakan bersalah dan harus menerima hukuman berat dari Race Direction untuk memulai balap dari posisi paling buncit pada seri MotoGp berikutnya di Assen, Belanda.

Hukuman yang diterima Iannone bukanlah yang pertama kali didapatkannya musim ini. Sebelumnya, pembalap Italia itu mendapat pengurangan satu poin dan turun tiga posisi pada MotoGP Amerika Serikat.

Hukuman tersebut didapatnya usai menabrak rekan setimnya, Andrea Dovizioso pada MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina.


Iannone dan Lorenzo terpelanting ke luar lintasan setelah keduanya terlibat kecelakaan.

Musim ini, Iannone memang termasuk dalam salah satu pembalap MotoGP yang paling sering mengalami kecelakaan. Musim 2016 ini saja, ia tercatat sudah empat kali mengalami kecelakaan.

Kendati demikian, Iannone bukanlah satu-satunya pembalap MotoGP yang paling sering mengalami insiden kecelakaan. Setidaknya ada 5 pembalap top MotoGP yang tercatat paling sering mengalami kecelakaan dalam kurun lima tahun terakhir berdasarkan data yang berhasil dirangkum INDOSPORT.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk para pembaca setia.


1. Andrea Iannone

Pembalap Ducati, Andrea Iannone.

Andrea Iannone merupakan salah satu pembalap terbaik di ajang MotoGP sejak pertama kali naik dari kelas Moto2 pada tahun 2013.

Pembalap asal Italia itu dikenal memiliki gaya membalap yang agresif dan berani mengambil resiko saat beradu cepat di atas lintasan.

Keberanian serta agresivitas membalapnya itulah yang kemudian membuatnya sering terlibat dalam insiden kecelakaan di atas lintasan. 

Menariknya, Iannone seakan tidak pandang bulu, tidak hanya pesaingnya dari tim lain yang menjadi korban agresivitasnya, rekan setimnya sendiri pun kerap menjadi korbannya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun INDOSPORT, sejak pertama kali memulai debutnya di atas lintasan MotoGP pada tahun 2013, Iannone tercatat sudah 17 kali mengalami insiden kecelakaan.

Di awal debutnya pada tahun 2013, Iannone tercatat mengalami lima kali kecelakaan dalam satu musim. Begitupun musim berikutnya, tahun 2014 ia kembali mencatat lima kali kecelakaan dalam satu musim.

Musim 2015 mungkin bisa dibilang sebagai musim paling baik bagi  Iannone, karena dirinya hanya tercatat mengalami tiga kali kecelakaan dalam musim tersebut.

Namun, memasuki musim berikutnya, Iannone kembali pada kebiasaan lamanya, baru tujuh musim berjalan, pembalap 26 tahun itu sudah tercatat empat kali terlibat insiden kecelakaan.


2. Stefan Bradl

Stefan Bradl

Stefan Bradl merupakan salah satu pembalap terbaik asal Jerman yang mewarisi darah balap sang ayah Helmut Bradl.

Memulai balap dari kelas 125 cc bersama KTM, Bradl menjelma sebagai pembalap yang memiliki gaya balap yang sangat liar ketika berada di atas lintasan.

Keliarannya itulah yang membuatnya cepat berpindah kelas untuk naik ke jenjang balap yang lebih tinggi yakni Moto2 dan MotoGP. 

Namun keliarannya itu pula yang menyebabkannya sering terlibat insiden kecelakaan. Sepanjang keikutsertaannya di ajang MotoGP sejak tahun 2012, Bradl tercatat sudah 17 kali mengalami kecelakaan.

Musim 2014 dan 2015 menjadi musim tersial baginya setelah tercatat mengalami kecelakaan sebanyak lima kali.

Berikut catatan kecelakaan Stefan Bradl sejak tahun 2012 hingga 2016. 
 
2016: 1 kali
2015: 5 kali
2014: 5 kali
2013: 2 kali    
2012: 4 kali


3. Cal Crutchlow

Cal Crutchlow

Cal Crutchlow merupakan pembalap MotoGP yang paling sering mengalami insiden kecelakaan. 

Berdasarkan data yang dihimpun INDOSPORT, sejak lima tahun terakhir dirinya tercatat sudah 23 kali mengalami insiden.

Pembalap asal Inggris Raya itu memang dikenal sebagai seorang pembalap yang memiliki karakter membalap yang cukup liar. 

Maklum, Crutchlow memulai kariernya sebagai seorang pembalap jalanan sebelum dirinya menjadi seorang pembalap profesional.

Oleh karena itu wajar jika dirinya kerap terlalu berani dalam bermanuver saat dirinya berada di atas lintasan, meskipun dirinya kini sudah menjadi pembalap profesional.

Berikut catatan kecelakaan Stefan Bradl sejak tahun 2012 hingga 2016. 

2016: 3 kali
2015: 5 kali
2014: 8 kali
2013: 2 kali
2012: 5 kali


4. Alvaro Bautista

Alvaro Bautista

Pembalap yang sudah banyak makan asam garam di ajang MotoGP sejak tahun 2010 ini juga tercatat sebagai salah satu pembalap yang paling sering mengalami insiden di atas lintasan.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, pembalap asal Spanyol yang kini berusia 31 tahun itu tercatat sudah 13 kali mengalami insiden kecelakaan.

Musim 2014 menjadi, musim paling apes baginya setelah mengalami tujuh insiden kecelakaan dalam satu musim tersebut.

Musim 2016 ini dirinya berpotensi untuk kembali mengulang catatan buruknya. Bagaimana tidak, baru tujuh seri balapan yang dilakoninya, Bautista tercatat sudah dua kali mengalami insiden kecelakaan.

Berikut catatan kecelakaan Alvaro Bautista dalam lima tahun terakhir.

2016: 2 kali
2015: 1 kali
2014: 7 kali
2013: 2 kali
2012: 1 kali


5. Aleix Espargaro

Aleix Espargaro

Pembalap yang merupakan rekan dari pembalap muda Suzuki yang sedang bersinar, Maverick Vinales ini juga tercatat dalam daftar pembalap yang paling sering mengalami kecelakaan.

Sejak lima tahun terakhir keikutsertaannya di ajang MotoGP, pembalap asal Spanyol ini tercatat sudah 12 kali mengalami insiden kecelakaan.

Musim 2015 dan 2014 merupakan musim tersial bagi kakak kandung Pol Espargaro itu. Pasalnya, dua musim tersebut tercatat sebagai musim terbanyak dirinya mengalami insiden kecelakaan.

Berikut catatan kecelakaan Aleix Espargaro dalam lima tahun terakhir.

2016: 1 kali
2015: 3 kali
2014: 4 kali
2013: 2 kali
2012: 2 kali

YamahaMotoGPAleix EspargaroCal CrutchlowDucatiStefan BradlAndrea IannoneAlvaro BautistaIn Depth Sports

Berita Terkini