x

Wow, Pembalap Muda Indonesia Ini Fokus Raih Lisensi untuk Tampil di F1

Jumat, 27 Januari 2017 06:06 WIB
Editor: Ramadhan

Pembalap formula Indonesia, Presley Martono kini tengah fokus untuk meraih lisensi super FIA setelah berhasil menjuarai Formula 4 Asia Tenggara 2016. Hal itu dilakukan demi bisa tampil di balapan mobil paling populer di dunia, Formula 1 (F1).

Agar bisa tampil di kompetisi jet darat tersebut, pembalap yang baru berusia 16 tahun tersebut harus mendapatkan setidaknya 40 poin super lisence.

“Harus ada 40 poin kalau mau tampil di F1. Saat ini Presley sudah mengumpulkan 12 poin karena berhasil menjuarai Formula 4 SEA dengan status rookie,” kata ayah sekaligus manajernya, Presley Martono, Perry Martono.

Demi meraup poin demi poin, Presley pun harus mengikuti seri balapan formula lainnya. Salah satu pilihan yang bisa diikutinya adalah ajang Formula 3 Seri Eropa.

Selain karena tingkatannya lebih tinggi dari Formula 4, kejuaraan tersebut menyediakan poin lebih banyak kalau bisa menjadi juara dengan status debutan (rookie).

Pembalap muda Indonesia, Presley Martono.

“Saya sebenarnya berpikir mau setahun lagi di Formula 4, tetapi di Eropa. Akan tetapi, saya rasa kualitas persaingannya tidak jauh dengan Formula 4 di Asia Tenggara,” ungkap Presley Martono.

“Jadi, mudah-mudahan bisa tampil di satu tingkat yang lebih tinggi, karena kalau jadi juara umum dalam keikutsertaan pertama bisa langsung dapat 40 poin untuk lisensi super,” tambahnya.

Namun, agar bisa ikut dalam Formula 3 bukanlah perkara mudah. Selain bermodal kemampuan, pembalap mesti memiliki sokongan dana yang mumpuni untuk dapat berkiprah dalam satu musim kompetisi.

Inilah yang sekarang menjadi ganjalan Presley Martono. Kalau ingin bermain bersama tim yang paling top di kompetisi, dia harus memiliki dana setidaknya 1 juta euro atau sekitar Rp14 miliar. Kubu Presley pun bergerilya mencari dukungan.

“Kami sudah berbicara dengan beberapa sponsor. Semoga saja akan ada kepastian setidaknya sampai pertengahan Februari 2017 ini. Kalau semua berjalan lancar, kami memperkirakan dalam 3 sampai 4 tahun ke depan Presley sudah dapat lisensi super,” tutur Perry.

Presley Martono saat membalap di ajang balapan Formula 4.

Presley Martono sendiri adalah satu dari segelintir pembalap debutan (rookie) yang ketika di usianya baru mencapai 16 tahun berhasil menjadi juara umum di seri Formula 4.

Pembalap yang mengidolakan Lewis Hamilton (pembalap F1 Mercedes) ini pernah menjadi juara di “World Series Karting” yang diadakan di Adria, Italia pada tahun 2014.

Pada tahun 2015, dia mencatatkan namanya sebagai runner up atau terbaik kedua secara keseluruhan di Kejuaraan Dunia Gokart FIA.

Terbaru, Presley menyabet gelar juara umum pada Formula 4 Asia Tenggara 2016 saat keikutsertaannya yang pertama kali. Gelar tersebut membuat dia dinobatkan menjadi rookie terbaik di kompetisi.

Formula 1FIAFormula 4Presley Martono

Berita Terkini