x

Profil Tim MotoGP: KTM Factory Racing

Senin, 20 Maret 2017 11:35 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Motor baru tim KTM.

KTM merupakan pemain baru yang akan turut meramaikan gelaran balapan MotoGP musim ini. Pada musim lalu, KTM sudah melakukan debutnya dengan mendapat wildcard di balapan Grand Prix Valencia. Saat itu pembalap Mika Kallio diberi kesempatan untuk membalap di kelas ini. Namun Kallio tidak menyelesaikan balapan kala itu.

Awal tahun ini, KTM juga berencana akan membentuk tim satelitnya sendiri. Rencananya, tim satelit ini akan mulai aktif pada musim 2018 mendatang. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kesepakatan antara MotoGP dan Dorna yang berisi syarat bahwa setiap tim pabrikan harus memiliki tim satelit sendiri.

Pada debutnya ini, KTM akan mengarungi musim balap MotoGP bersama dua pembalapnya, Pol Espargaro dan Bradley Smith. Berikut ulasan mengenai profil tim beserta dua pembalapnya, yang telah disusun oleh INDOSPORT.


1. Profil Tim KTM

Motor KTM RC16.

KTM adalah tim pabrikan MotoGP yang dimiliki oleh CROSS Industries AG dan Bajaj Auto Limited. KTM bermarkas di Mattighofen, Austria dan dipimpin Stefan Pierer sebagai CEO. Tim ini merintis jalan di dunia balapan di motocross. Pada 1974, KTM meraih kemenangan pertamanya di Kejuaraan Dunia 250cc melalui pembalapnya, Guennady Moisseev.

Pada 2013, tim ini memulai debutnya di ajang Grand Prix di kelas 125cc bersama pembalapnya, Roberto Locatelli dan Arnaud Vincent. Pada pertengahan musim, Vincet digantikan oleh Mika Kallio. Dua tahun berselang, KTM memimpin klasemen akhir sebagai konstruktor.

Pada 2009, KTM mengumumkan untuk berhenti sementara dari semua kelas Grand Prix. Mereka baru kembali membalap pada 2012 di kelas Moto3. Saat itu, KTM langsung menggebrak dengan memenangkan semua balapan di kelas tersebut. KTM juga memenangkan klasemen konstruktor selama tiga tahun berturut-turut hingga 2014.

Di musim MotoGP 2016, KTM mendapat wildcard dan mulai membalap di Grand Prix Valencia. Namun pembalap Mika Kallio tidak menyelesaikan balapan saat itu. Mulai musim 2017, KTM akan berlaga di MotoGP dan Moto2 sekaligus.

Biodata KTM:
Markas: Mattighofen, Austria
Principal: Stefan Pierer
Pembalap: Pol Espargaro dan Bradley Smith
Motor: RC16
Juara: -


2. Pol Espargaro

Pembalap KTM, Pol Espargaro.

Pol Espargaro lahir di Barcelona, 10 Juni 1991 silam. Ia memulai karier balapan motornya di kelas 125cc pada 2006. Espargaro mencatat rekor sebagai pembalap termuda yang mencetak skor di balapan Grand Prix, yakni saat berusia 15 tahun 8 hari. Ia memenangkan lima balapan 125cc di Spanyol berturut-turut dan keluar sebagai juara di tahun debutnya ini.

Pada musim 2010, ia naik podium dengan finish ketiga, menyusul Marc Marquez yang menjadi juara dan Nicolas Terol. Setahun kemudian, pembalap Spanyol ini naik ke kelas Moto2. Ia akhirnya berhasil menyabet gelar juara dunianya yang pertama di musim 2013.

Adik dari Aleix Espargaro ini pun lantas naik kelas ke MotoGP pada 2014 dan dipinang tim satelit Yamaha, Tech 3. Ia menggantikan Cal Cructhlow yang dikontrak Ducati selama dua tahun. Espargaro akhirnya finish di posisi sembilan di akhir musim 2015. Ia pun lanjut membela tim Tech 3 hingga akhir musim 2016, di mana ia menempati peringkat delapan klasemen akhir.

Pada Grand Prix Catalan, ia pun diumumkan akan pindah ke tim KTM untuk musim 2017. Ia akan ditemani Bradley Smith, yang sama-sama pindahan dari tim Tech 3.

Biodata:
Tempat/Tanggal Lahir: Granollers, Spanyol/10 Juni 1991
Karier Balapan: 2006-sekarang
Tim MotoGP: Yamaha Tech 3 (2014-2016), KTM (2017-sekarang)
Gelar juara dunia MotoGP: -


3. Bradley Smith

Pembalap KTM, Bradley Smith.

Bradley Smith lahir di Oxford, 26 tahun silam. Ia mulai menggemari balapan motor saat usianya menginjak enam tahun, ketika diberikan motor balapan pertamanya. Bakatnya menurun dari sang ayah yang seorang atlet motocross dan pemilik trek latihan balapan. Januari 2005, ia berkompetisi di ajang balapan 125cc Spanyol, mewakili MOTO GP Academy. Di sana ia memenangkan tiga balapan terakhir dan naik podium di posisi kedua, hanya kalah 1 poin dari sang juara.

Setahun kemudian, ia berlaga di Kejuaraan Dunia 125cc bersama tim Repsol Honda. Meski hanya finish di posisi 19, ia mendapat gelar Rookie of The Year. Puncak prestasinya di kelas ini adalah saat finish keempat di musim 2010 bersama tim Aspar. Saat itu, Smith berada di bawah trio Spanyol, Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Nicolas Terol.

Setahun kemudian, ia naik kelas di Moto2. Smith membela tim Tech 3 bersama Mike Di Miglio. Di musim 2011, ia menempati posisi tujuh di klasemen akhir. Setahun kemudian, hasil terbaiknya adalah finish keempat di Grand Prix Italia dan  menempati peringkat sembilan di akhir musim.

Pada 2013, Smith naik ke kelas premier MotoGP bersama Cal Crutchlow di tim Tech 3. Ia mengakhiri musim ini di peringkat 10. Setahun kemudian, ia masih membela Tech 3 tetapi bersama Pol Espargaro. Ia berhasil naik podium pertamanya dengan finish di posisi ketiga di Sirkuit Phillip Island. Di musim 2016, ia menempati posisi 17 dalam klasemen akhir. Musim balap 2017, ia pindah bersama Espargaro ke tim KTM.

Biodata:
Tempat/Tanggal Lahir: Oxford, Inggris/28 November 1990 
Karier Balapan: 2006-sekarang
Tim MotoGP: Yamaha Tech 3 (2013-2016), KTM (2017-sekarang)
Gelar juara dunia MotoGP: -

MotoGPPol EspargaroBradley SmithMotoGP 2017KTM RC16KTM

Berita Terkini