x

4 Faktor Pendukung Marquez Kunci Gelar Juara Dunia di GP Valencia

Senin, 30 Oktober 2017 14:54 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Pembalap Honda Marc Marquez memang tak menjuarai GP Malaysia usai podium pertama berhasil dikuasai oleh rival terberatnya musim ini, Andrea Dovizioso di Sirkuit Sepang akhir pekan lalu. 

Marquez menyelesaikan balapan kemarin dengan berhasil finish di posisi keempat, diungguli oleh pembalap satelit Yamaha, Johann Zarco dan rekan Dovizioso, Jorge Lorenzo. 

Pembalap Spanyol kelahiran 1993 tersebut memang telah menampaknya performa yang menurun, bahkan sempat terjatuh di sesi kualifikasi GP Malaysia, yang kemudian memaksanya untuk start di posisi ketujuh. 

Baca Juga

GP Valencia yang akan digelar pada dua pekan depan nanti akan menentukan apakah Dovizioso atau Marquez yang meraih gelar juara dunia MotoGP 2017. 

Namun, terdapat sejumlah faktor yang memudahkan Marquez di GP Valencia untuk merebut gelar juara dunia itu dari tangan pembalap Italia rivalnya itu. 

Berikut INDOSPORT merangkum empat faktor yang akan mampu membawa Marquez meraih dua kemenangan, yaitu juara di GP Spanyol dan juara dunia MotoGP 2017 nanti:


1. Dukungan Warga Tuan Rumah

Caption

Seri terakhir MotoGP musim ini akan dihelat di Sirkuit Valencia, Spanyol pada Minggu (12/11/2017) mendatang. 

Balapan di seri ke-18 ini akan menjadi momen keberhasilannya meraih gelar juara dunia MotoGP keempatnya jika ia mampu menaklukkan rivalnya, Dovizioso. 

Marquez sebagai salah satu pembalap Spanyol yang paling berpotensi meraih gelar juara dunia musim ini tentunya akan mendapatkan dukungan lebih dari fans-fans tuan rumah.

Main di kandangnya sendiri mampu menjadi faktor yang cukup besar untuk membawa Marquez pada gelar keenam juara dunianya sepanjang karir sebagai pembalap motornya. 


2. Catatan Kemenangan Marquez di Valencia

Kemenangan di GP Aragon menjadi kemenangan Marc Marquez kelima di musim ini.

Marquez memiliki cukup banyak catatan kemenangan selama menjalani laga di berbagai kelas di Sirkuit Valencia.  

Baby Alien mencatat kemenangannya di Valencia saat menjalani seri terakhir MotoGP 2014, yang kemudian membawanya menjadi juara dunia musim tersebut.

Di kelas lain, Marquez bahkan meraih kemenangan dan juara dunia Moto2 pada seri terakhir di Sirkuit Valencia pada 2012 lalu. 

Melihat catatan tersebut, jika dibandingkan dengan Dovizioso yang belum pernah menang sama sekali di valencia, membuka peluang besar kemenangan Marquez pada seri terakhir nanti. 


3. Poin Marquez Mengamankan Titel Juara Dunia

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez dalam lintasan balap.

Dari kemenangan yang diraih oleh Dovizioso pada seri Malaysia akhir pekan ini, pembalap Italia tersebut memperoleh 25 poin, total raihan poin sementara yang adalah 261 poin. 

Marquez dengan raihan posisi keempat di balapan seri GP Malaysia mampu mengumpulkan 282 poin, dari tambahan 13 poin. 

Dengan catatan raihan poin keduanya, dapat disimpulkan peluang terbesar titel juara dunia akan mampu diraih oleh Marquez.

Lain halnya nanti jika pada kenyataannya, pembalap Honda itu akan mengakhiri balapan di urutan luar 11 besar atau bahkan gagal finish. 


4. Tak Pernah Keluar Lima Besar

Marc Marquez meraih podium keseratusnya dalam kurun waktu 10 tahun.

Sepanjang menjalani laga balapan musim ini, Marquez tercatat baru sekali berada di luar lima besar balapan, yaitu posisi keenam di Sirkuit Mugello saat jalani balapan GP Italia.

Selain itu, Marquez juga sempat gagal finish saat menjalani sejumlah laga balapan di Argentina, Prancis, dan Inggris karena masalah mesin yang mendera motornya. 

Namun Marquez lebih banyak menyelesaikan balapan lainnya pada seri-seri lain dengan finish tak keluar dari posisi lima besar. 

Sehingga, walaupun Marquez tak mampu menguasai podium di GP Spanyol nanti, dengan catatan tersebut, bukan hal mustahil Marquez akan menggenggam gelar juara dunia MotoGP 2017. 

Marc MarquezRepsol HondaMotoGPAndrea DoviziosoMotoGP MalaysiaMotoGP ValenciaGP MalaysiaMotoGP 2017

Berita Terkini