x

4 Pembalap Dunia Jebolan Akademi Balap Valentino Rossi

Sabtu, 4 November 2017 08:34 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Pembalap Italia, Valentino Rossi rupanya sosok yang tak pelit untuk berbagi ilmu soal kepiawaiannya di dunia balap. VR46 Academy menjadi bukti kepeduliannya pada mereka yang tertarik untuk terjun mempelajari dunia balap.

VR46 Academy sendiri adalah sebuah akademi balap yang secara resmi dibuka oleh Rossi pada Februari 2014 lalu. Akademi tersebut terletak di dekat rumahnya, Tavulia, Italia. Tentu saja, dibangunnya akademi tersebut rupanya mampu menjadi wadah bagi para pembalap muda Italia. 

Baca Juga

Didirikannya akademi balap tersebut rupanya menjadi salah satu misi Rossi untuk meningkatkan potensi pembalap muda Italia untuk mampu bersaing dan kembali mendominasi pembalap-pembalap Spanyol yang kini berada di ajang MotoGP, Moto2, maupun Moto3. 

Sejumlah pembalap muda Italia rupanya punya minat yang cukup besar untuk terjun ke dunia balap. Dari angkatan pertama akademi tersebut, sejumlah namanya bahkan mewarnai ajang balap Moto2 dan Moto3.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pembalap muda jebolan VR46 Academy angkatan pertama yang bersaing di kancah kompetisi balap motor dunia:


1. Franco Morbidelli

Valentino Rossi dan anak didiknya, Franco Morbidelli.

Pembalap kelahiran Roma ini memang salah satu anak didik Rossi yang cukup menonjol, terlebih lagi dalam setiap penampilan gemilangnya di ajang Moto2. Musim 2018 nanti, Morbidelli akan menjadi salah satu pesaing sang guru di kelas MotoGP

Bergabung dengan Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, menjadi rekan setim adik Marc Marquez, Alex Marquez di Moto2, Morbidelli memberikan banyak perkembangan yang cukup signifikan. 

Morbidelli bergabung sebagai angkatan pertama VR46 Academy usai memutuskan untuk pindah dari Roma ke Tavullia. Bersama Rossi, Morbidelli banyak mendapatkan pendidikan yang memuluskannya untuk berkompetisi di Moto2.

Terbukti, pengganti Tito Rabat yang naik ke MotoGP tersebut mampu membuktikan dirinya sebagai anak didik Rossi usai kembali menyabet gelar juara dunia Moto2 musim 2017 ini. Ia menggeser posisi Thomas Luthi yang gagal menjalani balapan di GP Malaysia kemarin karena cedera saat kualifikasi. 


2. Luca Marini

Luca Marini (kiri) dan Valentino Rossi

Adik tiri Rossi ini rupanya punya ambisi yang sama dengan sang kakak. Ketertarikan yang sama dengan kakaknya membuat ia memutuskan untuk terjun ke dunia balap dibawah didikan kakaknya lewat akademi balap tersebut. 

Musim lalu, Marini akhirnya memutuskan untuk terjun ke ajang balap Moto2 dibawah naungan tim Forward Racing. Marini juga pernah tercatat mengikuti Kejuaraan Junior Italia hasil rekrutan pabrikan Honda. 

Usut punya usut, Rossi dan Marini lahir dari ibu yang sama, namun berbeda ayah. Rossi sendiri adalah putra dari Graziano Rossi. Sedangkan Marini adalah putra pengusaha Italia ternama, Massimo Marini. 

Bersama Morbidelli, Marini berada di bawah didikan VR46 Academy dan tercatat sebagai pembalap angkatan pertama yang ikut di sana. Marini memang memiliki bakat sebagai seorang pembalap, melihat dirinya ahli menaiki sepeda motor sejak usia empat tahun.


3. Nicolo Bulega

Caption

Sempat digadang-gadang sebagai Valentino Rossi muda, usai Bulega berhasil menyabet gelar juara dunia di usia yang begitu muda, 16 tahun saat masih menjalani laga di FIM CEV Repsol Moto3 Junior World Championship. 

Pembalap asal Monthecchio Emilia itu merupakan salah satu anak didik Rossi di VR46 Academy yang dijuluki The Monkey karena ketangkasannya saat menyalip saingannya di lintasan balap. Gaya itu yang membuat dirinya dinilai memiliki sejumlah kesamaan dengan Rossi. 

Bulega terjun ke ajang Moto3 dibawah naungan tim balap yang didirikan oleh Rossi sendiri, Sky Racing Team VR46. Kala itu, ia sempat membela Sky sebagai pembalap Wild Card saat jalani balapan di Valencia. 

Selain tangkas menyalip pesaingnya di lintasan, pembalap berusia 16 tahun tersebut  juga memiliki kecerdasan tersendiri saat melewati tikungan. Fans berat Rossi itu selalu mendedikasikan kemenangannya di berbagai laga untuk sang master.


4. Lorenzo Baldassari

Lorenzo Baldassarri

Pembalap Italia ini merupakan rekan Luca Marini di tim Forward Racing pada ajang balap Moto2. Dua musim lalu, Baldassarri mencatat 96 poin dari 17 seri yang ia lalui bersama timnya tersebut. Ia juga pernah merasakan sekali podium saat menjalani laga musim 2015 tersebut. 

Baldaasarri bergabung dengan VR46 Academy karena campur tangan kedua sahabat Rossi, Uccio dan Alberto yang sering melakukan latihan dengan sang maestro balap di ranch yang sama. 

Sebelum bergabung di Moto2, ada cukup banyak kejuaraan yang telah dilalui oleh Baldassari. Sebut saja ketika ia keluar sebagai juara dia Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2012 lalu, sebelum akhirnya turun ke CIV 125GP Championship, CEV Moto3 Champioshipn, serta Moto3. 

Rossi banyak membagikan ilmunya pada Baldassarri hingga pembalap tersebut mampu mencatat hasil yang cukup mengesankan. Meski sama-sama sibuk balapan, keduanya diketahui seringkali berdiskusi soal apa yang baik untuk mencapai hasil yang bagus dalam setiap laga.

Valentino RossiMotoGPMoto3Moto2Luca MariniSky Racing VR46VR46 AcademyFranco MorbidelliLorenzo Baldassarri

Berita Terkini