x

Jalani Tes Super Fomula, Kecanggihan Mobil Rio Haryanto yang Bikin Lawan-lawannya Nganga

Rabu, 6 Desember 2017 13:55 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini

Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto akhirnya kembali ke lintasan balap internasioal kelas Super Formula. Namun yang lebih menakjubkannya lagi, ketika melihat bagaimana spesifikasi mesin yang dimiliki mobil balap Rio. 

Menjalani sesi tes bersama Honda pada Rabu (06/12/2017) ini di Sirkuit Suzuka, Jepang, Rio diketahui akan mengemudikan Dallara SF14 dengan mesin Honda HR-417E. Dilansir Motorsport, mesin tersebut memiliki kekuatan 550 daya kuda.

Mobil balap Super Formula Rio Haryanto

Sebenarnya, mesin yang digunakan oleh Rio pada mobilnya tersebut telah pasangkan sejak ajang Super Formula 2014. Mesin yang dimiliki SF ini rupanya memiliki sebuah sistem yang khusus dibuat untuk membantu pembalap melakukan penyalipan atau overtake. 

Sistem yang disebut dengan Overtake System itu sebenarnya bekerja untuk mengatur dan membatasi aliran bahan bakar serta mampu menambah kekuatan performa mesin hingga mencapa lima persen saat digunakan. 

Teknologi mobil balap Super Formula Rio Haryanto

Kalau Rio dalam balapan nanti menekan tombol yang ada di stir kemudinya itu, maka Overtake System dalam bekerja sebanyak lima kali saat menjalani balapan. Untuk pengaktifannya sendiri, teknologi tersebut akan bekerja untuk 20 detik di tiap penggunaannya.

Teknologi mesin ini sebelumnya sempat digunakan oleh para pembalap Formula 1 yang dulu sempat menjalani laga di Super Formula. Sebut saja Stoffel Vandoorne dan Pierre Gasly.

Baca Juga

Mesin yang digunakan dalam ajang balap Super Fomula tidak begitu jauh berbeda dengan yang digunakan oleh ajang balap satu kasta di bawah Formula 1, yaitu Formula 2.

JepangHondaRio HaryantoFormula 1Formula 2Sirkuit SuzukaBalap Mobil

Berita Terkini