x

Rossi Biayai Tiap Murid di VR46 Academy, Jumlahnya Bikin Melongo

Kamis, 28 Desember 2017 18:02 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ahmad Priobudiyono
Pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi.

Pembalap Italia, Valentino Rossi rupanya melihat pembalap MotoGP asal Italia tidak begitu kompetitif dibandingkan dengan para pembalap Spanyol. Kemungkinan besar hal itu lah yang kemudian mendasari alasan dirinya membentuk sekolah balap VR46 Rider Academy. 

VR46 Rider Academy nyatanya mampu melahirkan sejumlah bakat muda Italia di lintasan balap. Dengan pendidikan maupun pelatihan yang diberikan oleh Valentino Rossi sendiri, cukup banyak jebolan pembalap profesional yang datang dari akademi tersebut.

VR46 Rider Academy

Sebut saja juara dunia Moto2 musim ini, Franco Morbidelli yang telah dipastikan akan terjun ke kelas balap MotoGP musim depan nanti, bersaing langsung dengan sang guru Rossi serta pembalap-pembalap senior lainnya. 

Namun tentunya butuh dana yang besar untuk mampu membiayai murid-murid mereka yang ada di VR46 Rider Academy. Karena begitu banyak pelatihan yang mesti dilakukan oleh para pembalap muda ini selama berada di akademi tersebut. 

Baca Juga

"Anak-anak yang latihan disini, juga di pusat kebugaran di Misano, mereka punya pelatih dan dokter yang bekerja dengan mereka," ungkap rekan sekaligus sahabat dekat Rossi, Alberto Tebaldi, seperti dilansir Speedweek

Untuk urusan angka dari biaya yang digelontorkan oleg VR46 Rider Academy untuk murid-murid mereka, Albi, sebagaimana Alberto sering disapa, bahkan mencapai puluhan ribu euro untuk satu murid saja. 

Tim Moto2 dan Moto3 Sky Racing Team VR46.

"Jika kau minta aku sebut angka, tiap orang dari mereka menghabiskan uang 60 ribu hingga 70 ribu Euro setiap tahunnya," jelas Albi soal masalah pembiayaan setiap murid sahabatnya itu di akademi balap tersebut.

Itu berarti, pembiayaan untuk satu murid saja mampu mencapai satu miliyar Rupiah. Sebagai gantinya, para murid tersebut nyatanya tetap harus menyisihkan 10 persen pendapatan mereka untuk membangun akademi tersebut.

Valentino RossiMotoGPVR46 AcademyFranco MorbidelliMotoGP 2018

Berita Terkini