x

Dihukum Turun 3 Posisi di Start MotoGP AS, Ini Penjelasan Marquez

Minggu, 22 April 2018 05:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Marc Marquez.

Pembalap Repsol Honda sekaligus juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, harus rela dihukum turun tiga posisi di start MotoGP Amerika Serikat lantaran aksi tak terpuji dirinya terhadap Maverick Vinales di babak kualifikasi. 

Marc Marquez dianggap berjalan terlalu lambat dan menghalangi laju Vinales. Vinales pun tampak kesal dengan Marquez jelang akhir kualifikasi MotoGP AS. Vinales murka karena Marquez menghalangi jalannya saat berusaha mencatatkan waktu lap terbaik.

Stewards dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang langsung menginvestigasi insiden tersebut segera memberikan keputusan bahwa pembalap asal Spanyol tersebut bersalah dan mesti menerima hukuman penurunan posisi sebanyak tiga grid. Itu artinya, posisi Marquez yang tadinya ada di peringkat satu, harus rela melorot ke peringkat empat.

Baca Juga

1. Tak Melihat Vinales

Marco Vinales (kiri) dan Marc Marquez (kanan)

Atas hal ini, Marc Marquez pun memberikan tanggapannya. Dilansir dari laman Sportfair dan akun twitter resmi MotoGP, Marquez mengaku tak menaruh perhatian atas posisi dari Maverick Vinales yang ada di belakangnya. 

"Vinales? Jujur saya lebih memperhatikan Iannone ketimbang Maverick. Saya tak memperhatikan ke belakang dan benar-benar tak melihatnya," ujar Marquez.


2. Akui Kesalahan

Marc Marquez

Marquez pun mengakui kesalahan yang diperbuatnya dan mengaku telah menebusnya dengan memberikan jalan untuk Vinales. "Jadi saya tak ingin membuang waktu lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebut Vinales sebagai lawan yang perlu diwaspadai. Begitu pula dengan pembalap Suzuki, Andrea Iannone, yang akan mengawali balapan MotoGP AS di depannya. 


3. Hasil Babak Kualifikasi

Marc Marquez

Balapan MotoGP Amerika Serikat bakal digelar pukul 02.00 WIB pada Senin dini hari.

Berikut posisi sepuluh besar babak kualifikasi MotoGP Amerika Serikat:

1. MAVERICK VINALES 
2. ANDREA IANNONE
3. JOHANN ZARCO

4. MARC MARQUEZ  
5. VALENTINO ROSSI
6. JORGE LORENZO 
7. CAL CRUTCHLOW 
8. ANDREA DOVIZIOSO 
9. DANI PEDROSA 
10. DANILO PETRUCCI 

Marc MarquezMotoGPAndrea DoviziosoMaverick VinalesMotoGP 2018

Berita Terkini