x

Resmi! Tinggalkan Yamaha, Zarco Gabung KTM

Jumat, 4 Mei 2018 10:23 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Johann Zarco, pembalap Monster Yamaha Tech 3.

Dilansir dari TheChechkeredFlag, Johann Zarco dilaporkan akan bergabung dengan tim KTM Factory Racing di MotoGP musim 2019 mendatang.

Padahal, ia baru bergabung dengan tim Monster Yamaha Tech 3 di tahun 2017 kemarin yang berarti dirinya hanya dua tahun berada di timnya saat ini.


1. Kontrak

Johann Zarco saat berada di lintasan balap.

Nantinya, pembalap berusia 27 tahun ini akan dikontrak hingga tahun 2021 atau tepatnya selama dua tahun.

Selain itu, Zarco juga akan bekerja sama dengan Pol Espargaro, di mana Zarco akan menggantikan posisi dari Bradley Smith yang dikabarkan hengkang di akhir musim ini.

Baca Juga

2. Sudah Dipantau Sejak Tahun 2007

Pit Beirer, Direktur Red Bull KTM.

Ketertarikan KTM dengan Zarco ternyata bukanlah hal yang baru. Mereka telah memantaunya sejak Zarco masih berjibaku dan pernah juara di Red Bull MotoGP Rookies Cup di tahun 2007 lalu. Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur KTM, Pit Beirer.

“Selalu ada hubungan yang bagus dengan Johann sejak dia masih di Red Bull Rookies Cup, kami juga punya hubungan yang baik dengan manajernya, Lauren Fellon,” papar Beirer.

“Kami juga harus percaya kepada kualitas kami dalam menciptakan motor untuk meraih kemenangan dan pastinya, Johann tidak akan bergabung kalau dia tidak melihat sisi itu,” tambahnya.

“Sudah jelas kami ingin mengambil langkah lebih maju di MotoGP, pastinya siapapun mau punya pembalap terbaik dalam tim dan jelas Johann bisa dipercaya karena dia adalah pejuang yang kuat dengan semangat yang tinggi.”

“Saya percaya kami bisa mencapai tahap lebih tinggi bersama pembalap seperti Johann bersama kami nanti, itu adalah target besar kami,” tutupnya.


3. Karier Johann Zarco

Johann Zarco

Johan Zarco mengawali kariernya sebagai pembalap pada tahun 2004 atau tepatnya saat ia masih berusia 14 tahun. Saat itu ia berjibaku di Minimoto Championships di Italia.

Pada tahun 2005, ia bermain di ajang balapan motor lain dan sukses meraih posisi runner up di Senior Mini European Championship. Tahun 2006, posisi runner up kembali ia raih hanya saja di ajang yang sedikit lebih tinggi, yakni European Championship.

Pada tahun 2007, Zarco mulai menunjukkan taringnya dengan berjibaku di Red Bull MotoGP Rookies Cup dan di tahun itu juga ia langsung berhasil meraih gelar juara.

Tahun 2009, pembalap berkebangsaan Prancis ini bermain di MotoGP kelas 125cc bersama selama dua tahun atau tepatnya hingga tahun 2011.

Di tahun 2012 hingga 2016, Zarco pindah ke ajang Moto2 dan pernah menjadi juara dua kali secara back-to-back alias beruntung di tahun 2015 dan 2016 bersama tim Ajo Motorsport.

Barulah pada tahun 2017, Zarco menjalani debutnya di ajang balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP bersama tim Monster Yamaha Tech 3.

Di musim debutnya, catatan Zarco dapat dikatakan cukup baik, yaitu mengakhiri musim di posisi keenam. Sementara pada musim keduanya saat ini untuk sementara Zarco menempati urutan ke-5.

Mampukah Zarco lebih bersinar di musim 2019 bersama tim barunya tersebut? Menarik untuk dinanti.

MotoGPMonster Yamaha Tech 3Johann ZarcoKTMMotoGP 2018

Berita Terkini