x

Valentino Rossi 'Lintasi' Bumi Usai Finis ke-5 MotoGP Spanyol

Selasa, 8 Mei 2018 04:10 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Valentino Rossi saat balapan di Sirkuit Jerez dalam seri MotoGP Spanyol 2018.

Pembalap Yamaha Valentino Rossi hanya mampu finis diurutan lima dalam ajang balapan MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (06/05/18).

Rossi sendiri selama balapan tak mampu berbuat banyak. Sebab dirinya mendapat duel ketat di tengah balapan tersebut. Rekan setimnya sendiri, Maverick Vinales juga memacu motornya kurang apik.

Baca Juga

1. Rekor Berkelas

Ilustrasi Bumi.

Kendati demikian, nyatanya ada sebuah torehan yang bisa membuatnya sedikit tersenyum. Sebab balapan kali ini membuat Valentino Rossi telah memacu motornya setara melintasi lingkar bumi, tepatnya usai memasuki lap ke-15.

Seperti dilansir situs resmi MotoGP, Valentino Rossi telah membukukan catatan 40.075 km. Atau bisa dibilang 5 km lebih banyak dibanding panjang ekuator bumi. Sehingga rekor ini sangat bagus untuknya.


2. Catatan Lainnya

Valentino Rossi

Rekor cemerlang tersebut hanya dihitung berdasarkan jumlah balapan yang dilakoni oleh Valentino Rossi. Jadi, sesi latihan dan kualifikasi tidak dicatat dalam pencapaian ini.

Saat ini saja pembalap kelahiran Italia itu telah menjalani 23 musim balapan. Total dirinya telah 115 kali menang dan 228 meraih podium. Bahkan MotoGP Spanyol menjadi balapan ke-369 bagi Rossi di ajang Grand Prix (GP).


3. Karier Rossi

Rossi mendulang hasil mengecewakan di FP 1 dan 2 MotoGP Jerman.

Perjalanan Valentino Rossi bermula di ajang Grand Prix 123 Malaysia 1996 silam di Sirkuit Shah Alam. Lalu naik kelas ke GP250, hingga GP500/MotoGP, dimana dirinya telah menjalani 8740 lap dalam balapan.

Valentino RossiYamahaMotoGPMovistar YamahaMotoGP SpanyolPT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)Sirkuit JerezMotoGP 2018

Berita Terkini