x

Marquez Juara, Ini 7 Fakta yang Warnai MotoGP Prancis 2018

Senin, 21 Mei 2018 05:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Valentino Rossi dan Danilo Petrucci di podium.

MotoGP Prancis 2018 menjadi milik pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (20/05/18).

Kemenangan yang diraih Marquez sangat epik. Sebab dirinya memulai balapan di posisi kedua. Di awal balapan, pembalap asal Spanyol ini sempat tercecer ke urutan empat dan lima.

Tetapi pada balapan yang menyisakan 18 lap lagi, Marquez langsung melajukan motornya untuk menyalip Jorge Lorenzo. Lalu keluar sebagai yang tercepat.

Akan tetapi dibalik balapan tersebut terdapat sejumlah fakta menarik di dalamnya. Bahkan INDOSPORT berhasil mengorek beberapa fakta untuk penikmat MotoGP Tanah Air.

Baca Juga

1. Patahkan rekor

Marc Marquez.

Kemenangan ini sekaligus mematahkan kutukan, dimana pembalap Spanyol tersebut berulang kali gagal meraih juara di MotoGP Prancis.

Marc Marquez sendiri memang seringkali mencatat rekor buruk kala menjalani balapan di Le Mans. Terakhir kali Marquez juara di seri Prancis tahun 2014 lalu.


2. Hattrick

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam sesi kualifikasi MotoGP Prancis 2018.

Marc Marquez baru saja mencatatkan namanya sebagai pembalap MotoGP yang sukses tiga kali (hattrick) juara musim 2018 ini. Pertama MotoGP Asutin, Spanyol, dan kini Prancis berhasil ditaklukannya.


3. Pembalap Baru

Marc Marquez saat berada di lintasan balap.

Marc Marquez juga menjadi pembalap baru yang berhasil meraih juara di MotoGP Prancis. Sebab ketika Johann Zarco naik pole position di seri tersebut, yang keluar sebagai juara biasanya adalah pembalap asal Italia.

Hal itu terlihat saat pertama kalinya Johann Zarco meraih pole position di Belanda 2017, yang keluar sebagai juara adalah Valentino Rossi. Lalu di MotoGP Jepang 2017, pembalap Ducati Andrea Dovizioso menjadi yang terdepan.

Selanjutnya kala MotoGP Qatar 2018 juga Dovizioso menjadi pemenang usai Johann Zarco pole position. Sehingga bisa dibilang kalau Marquez menjadi juara baru kala Zarco pole position.


4. Sejajar Dengan Legenda

Casey Stoner saat jalani tes pramusim di Sepang.

Kemenangan pembalap berjuluk The Baby Alien ini juga membuat dirinya menyamai kemenangan legenda MotoGP, yakni Casey Stoner. Marquez kini telah mengoleksi 38 kemenangan sejak pertama kali debut di MotoGP dan bisa sejajar dengan Stoner.


5. Berguguran

Andrea Dovizioso dan Johann Zarco.

Sirkuit Le Mans, Prancis juga memakan korban untuk pembalap-pembalap top MotoGP 2018. Hal itu bisa dilihat dari Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, hingga Johann Zarco ikut berguguran.

Untuk Dovizioso sendiri, pembalap Ducati itu telah jatuh dua kali beruntun dalam musim 2018 ini. Pertama Dovizioso jatuh kala balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol.


6. Podium Pertama

Danilo Petrucci.

Pembalap asal Italia yang menjadi joki Pramac Racing Danilo Petrucci baru saja meraih podium pertamanya musim ini pada balapan MotoGP Prancis. Sebab dirinya berhasil meraih posisi dua dibelakang Marc Marquez.


7. Marquez-Rossi 'Dingin'

Marc Marquez bersama Danilo Petrucci dan Valentino Rossi berdiri di podium.

Hubungan Marc Marquez dan Valentino Rossi tampaknya belum membaik. Hal itu terlihat ketika keduanya naik ke podium bersamaan tetapi menjaga jarak. Terkesan kalau hubungan mereka berdua masih 'dingin'.

Kala berada di podium MotoGP Prancis, Marquez dan Rossi masih kaku. Pembalap Repsol Honda itu hanya menjabat tangan Petrucci saja. Sedangkan Pembalap Movistar Yamaha melakukan 'tos' botol sampanye dengan Petrucci.

PrancisMarc MarquezValentino RossiMotoGPAndrea IannoneAndrea DoviziosoDanilo PetrucciMotoGP PrancisLe MansJohann ZarcoMotoGP 2018

Berita Terkini