x

Selain Marc Marquez, 5 Pembalap MotoGP ini Pernah Debut di Formula 1

Rabu, 6 Juni 2018 14:37 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
Marc Marquez saat menjajal mobil F1 (atas).

Ajang balapan Formula 1 rupanya menjadi daya magnet tersendiri bagi pembalap dari MotoGP untuk bisa dikemudikan. Sebab ada sensasi tersendiri yang dirasakan oleh si joki.

Bahkan baru-baru ini ada pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang telah menjalani debutnya di Formula 1. Marquez mencicipi mobil milik tim Toro Rosso di Sirkuit Red Bull, Ring, Austria, Selasa (05/06/18).

Pembalap Marc Marquez menjajal Formula 1 dengan mengendarai mobil milik Toro Rosso.

Dalam uji cobanya ini Marquez mendapat petuah dan nasehat dari mantan pembalap Red Bull Mark Webber. Selain itu aksi Marquez juga disaksikan oleh mantan juara Formula 1 Niki Lauda.

Kendati demikian ternyata Marquez bukanlah pembalap MotoGP pertama yang menukangi mobil Formula 1. Ada beberapa joki terdahulu yang telah INDOSPORT rangkum untuk penikmat dunia otomotif. Simak.

Baca Juga

1. John Surtees

John Surtees di MotoGP.

Pembalap MotoGP asal Inggris John Surtees merupakan joki pertama yang hijrah ke Formula 1. Prestasinya di MotoGP tak perlu diragukan lagi, sebab dirinya mampu keluar sebagai juara dunia sebanyak tujuh kali kelas 350 cc dan 500 cc.

Lalu pada 1960 silam, Surtees hengkang ke Formula 1 di usianya yang baru menginjak 26 tahun. Empat tahun berselang Surtees mampu meraih juara dunia bersama Scuderia Ferrari di Formula 1.


2. Mike Hailwood

Mike Hailwood di MotoGP

Kedua ada pembalap MotoGP asal Inggris Mike Hailwood yang juga mencicipi ajang Formula 1. Total sembilan kali Hailwood juara dunia MotoGP mulai kelas 250 cc, 350 cc, hingga 500 cc.

Bosan menjadi juara terus, Hailwood melirik ajang Formula 1. Akan tetapi pencapaian di turnamen Formula 1 tak begitu mentereng di MotoGP.

Hailwood hanya mampu dua kali podium selama empat musim kariernya di Formula 1. Hingga akhirnya Hailwood pensiun dan wafat karena insiden kecelakaan pada 1981.


3. John Hopskins

Pembalap Rizla Suzuki John Hopskins di MotoGP.

Lalu ada pembalap MotoGP lainnya dari pabrikan Rizla Suzuki bernama John Hopskins yang ikut menyemarakan ajang Formula 1. Hal itu terjadi pada 2006 lalu.

Kala itu Hopkins dan pembalap Toro Rosso dari Formula 1 Tonio Liuzzi bertukar kendaraan. Hopkins mengemudikan mobil Formula 1, sedangkan Luizi mengegas Suzuki 990 cc.


4. Valentino Rossi

Valentino Rossi saat menjalani sesi latihan bebas di MotoGP Prancis.

Selanjutnya ada pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi juga pernah menjajal mobil Formula 1. Hal itu terjadi pada 2006 lalu dimana Rossi mengemudikan mobil Ferrari.

Pada saat uji coba itu, Rossi ditemani oleh pembalap top Formula 1 seperti Michael Schumacher, Fernando Alonso, Jenson Button, hingga Jacques Villeneuve.

Bahkan pada 2010, Rossi diberi kesempatan untuk menjajal mobil Formula 1. Uji coba itu dilakukan di Sirkuit Montmelo, Barcelona dan Rossi mencatat 1 menit 25,200 detik hanya kalah dari Kimi Raikonnen yang berbeda 0,4 detik saja (2008).


5. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo di GP Spanyol 2017.

Terakhir ada pembalap Ducati Jorge Lorenzo yang pernah duduk dibangku kemudi mobil Formula 1. Lorenzo melakukannya pada Oktober 2014 lalu berkesempatan menjajal impian masa kanak-kanaknya.

Dalam tes tersebut, Lorenzo mengendarai Mercedes AMG Petronas milik Lewis Hamilton yang berlangsung di Sirkuit Silverstone dan mencatat waktu 50.452 detik.

Itulah pembalap-pembalap MotoGP yang pernah 'nyebrang' ke Formula 1. Lalu siapa lagi pembalap yang akan berhijrah? Mari nikmati saja.

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.

SpanyolMarc MarquezRepsol HondaValentino RossiJorge LorenzoLewis HamiltonMercedes AMG F1Red Bull F1YamahaHondaFerrariMichael SchumacherMotoGPFernando AlonsoJenson ButtonAustriaSuzukiToro RossoToro Rosso F1Movistar YamahaScuderia FerrariMike HailwoodJohn SurteesJacques VilleneuveSirkuit Red Bull Ring

Berita Terkini