x

Berhasil Juara di Kelas 300, Pembalap Wanita Ini Dipuji Trio Bintang MotoGP

Jumat, 5 Oktober 2018 15:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ana Carrasco, pembalap wanita di kelas Supersport 300.

INDOSPORT.COM - MotoGP memang identik dengan olahraga pria. Besarnya kendaraan yang dipakai, hingga sulitnya mengendari si kuda besi ini membuat olahraga balap roda dua tersebut diprediksi tak akan dilirik oleh kaum hawa untuk turut serta balapan di atas panasnya aspal sirkuit.

Namun, stigma tersebut seakan-akan dipatahkan wanita asal Spanyol bernama Ana Carrasco, yang berhasil menjuarai FIM Supersport 300 Championship dan berhasil mengalahkan para pembalap pria.

Dengan total poin 93 dari delapan pertandingan, Carrasco unggul satu angka dari pembalap pria asal Spanyol, Mika Perez dan Scott Deroue yang berada di peringkat ketiga dengan 80 angka. Tak ayal, keberhasilan wanita 21 tahun ini, menuai decak kagum dari berbagai pihak.

Baca Juga

Bahkan, trio pembalap MotoGP Marc Marquez, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso memuji Carrasco atas keberhasilannya ini.

Tak tanggung-tanggung, Baby Alien mengatakan kemenangan itu berpengaruh besar dalam dunia balap motor yang sudah terlabeli dengan olahraga 'fisik'.

"Saya sangat senang dan ini sangat penting untuk dunia motor. Ini bukan hanya tentang fisik. Ini juga tentang kemampuan dan mental" ucap Marquez dilansir Crash.net

Senada dengan pembalap Honda tersebut, Dovizioso turut mengatakan kemenangan Carrasco sangatlah penting. Terlebih lagi, wanita 21 tahun ini telah memenangkan kejuaraan, bukan satu balapan saja.

"Saya setuju dengan Marc, saya senang dengan cara balapannya. Ini hasil yang penting," ucap Dovi.

Bagi Rossi, hal itu merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi Carrasco. Ia berharap di masa mendatang, Carrasco bisa memiliki karir yang cemerlang dan bisa mendorong wanita-wanita lainnya, untuk mengikuti jejaknya sebagai pembalap MotoGP.

"Ini bagus untuk masa depan karirnya, saya harap begitu. Mungkin hasil ini bisa membantu atau mendorong wanita lain untuk balapan," ucap Rossi.

Baca Juga

Ketika ditanyai peluang Carrasco bermain di MotoGP, ketiganya setuju yakin wanita 21 tahun ini bisa bersaing di ajang balap kuda besi sesungguhnya ini.

Akan tetapi, mereka lebih menyarankan fokus di kelas 300 atau 600 terlebih dahulu, karena banyak faktor-faktor penting sebelum terjun ke MotoGP.

Penulis: Ridi F Khan

Ikuti Terus Berita MotoGP hanya di INDOSPORT

Marc MarquezValentino RossiMotoGPAndrea Dovizioso

Berita Terkini