x

Jadi Juara Dunia, Ini 4 Momen Tak Terlupakan Marc Marquez di MotoGP 2018

Minggu, 21 Oktober 2018 15:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Marc Marquez sukses memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2018 usai memenangi balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Grand Prix Jepang, Minggu (21/10/18).

Marquez mengungguli pembalap Honda, Cal Crutchlow, di tempat kedua. Disusul pembalap asal Spanyol lainnya, Alex Rins yang finis di urutan ketiga.

Sementara Andrea Dovizioso yang sempat mengungguli Marquez, harus mengalami kecelakaan usai dirinya terjatuh di dua lap sebelum mencapai garis finis.

Baca Juga

Di klasemen sementara MotoGP, Marquez kini mengumpulkan 296 poin jauh dari Andrea Dovizioso yang baru mengumpulkan 194 poin.

Walau MotoGP 2018 masih menyisakan tiga seri, namun perolehan poin Marquez secara matematis tak bisa dikejar lagi.

Walau juara lebih cepat, namun perjalan musim 2018 bagi Marquez tidaklah mudah. Terdapat berbagai momen sulit yang menaunginya. Walau begitu, banyak pula momen-momen hebat yang mewarnai,

Berikut ini INDOSPORT pilihkan empat momen paling berkesan dari perjalan Marc Marquez di MotoGP musim 2018.


1. 1. Insiden MotoGP Argentina dengan Valentino Rossi

Duel antar Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Persaingan antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi di musim 2018 sudah dimulai sejak seri kedua di MotoGP Argentina, 8 April 2018. 

Saat itu, balapan tinggal menyisakan empat lap lagi. Marc Marquez yang berada di belakang The Doctor berhasil menyalip Rossi. 

Namun, aksi agresif Marc Marquez membuat pembalap asal Italia tersebut tersenggol dan terjatuh. 

Marquez pun menjadi sorotan publik karena dinilai bermain kotor. Terlebih, aksi berbahaya The Baby Alien sudah dilakukan sejak latihan bebas. Saat itu Maverick Vinales yang jadi korbannya. 

Valentino Rossi tampak melihat ke arah Marc Marquez yang melaju.

Race Direction pun akhirnya menjatuhkan hukuman 30 detik kepada Marquez. Meski melewati garis finis di posisi lima, Marquez dinyatakan finis di posisi 18.


2. 2. Selebrasi di Tengah Kerumunan Fans Rossi di MotoGP Jerman

Marc Marquez Selebrasi di tribun Fans Valentino Rossi.

Pemandangan tidak biasa sempat tersaji usai balapan MotoGP Jerman lalu ketika Marc Marquez melakukan selebrasi di tengah-tengah pendukung rivalnya, Valentino Rossi.

Aksi 'gila' Marquez tersebut didapat usai ia menjuarai GP Jerman untuk kesembilan kalinya secara beruntun. 

Menariknya, ketika itu fans The Doctor terlihat memberikan selamat kepada Marquez.

Marquez kala itu mengakui bahwa selebrasi yang dilakukannya tidak direncanakan alias spontan. 


3. 3. Kemenangan Dramatis atas Dovizioso di MotoGP Thailand

Marc Marquez usai memastikan kemenangan di MotoGP Thailand 2018.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjadi pesaing dari Marc Marquez dalam beberapa tahun terakhir. Pertarungan terbaik di antara mereka berdua pun tersaji di MotoGP Thailand awal bulan ini.

Secara dramatis, Andrea Dovizioso, kalah di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Minggu (07/10/18) lalu. 

Setelah melewati persaingan sengit, Dovizioso disalip oleh Marquez persis pada lap terakhir, tepatnya di tikungan pamungkas. 

Kedua pembalap pada awalnya tertinggal di belakang Valentino Rossi. Namun, di empat lap tersisa, balapan tinggal milik Marquez dan Dovizioso. 

Sempat memimpin di depan, Marquez tersalip oleh Dovizioso. Di lap berikutnya, gantian Marquez yang kembali di depan. 

Dovizioso sempat di depan Marquez di lap terakhir sebelum akhirnya disalip kembali oleh Marc Marquez. 


4. 4. Juara MotoGP 2018 di Jepang

Marc Marquez juara MotoGP 2018

Apalagi momen paling berkesan kalau bukan menjuarai MotoGP 2018. Di seri ke-16 yang digelar di Sirkuit Motegi Jepang, Marc Marquez berhasil finis terdepan usai pesaingnya, Andrea Dovizioso, terjatuh di dua lap terakhir. 

Marquez menjadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 42 menit 36.438 detik. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu unggul 1 menit 573 detik dari Cal Crutchlow yang menempati posisi kedua. Disusul Alex Rins di urutan yang ketiga.

Gelar Grand Prix Jepang ini menjadi seri kedelapan yang sukses dimenangi oleh Marquez di musim 2018. Sebelumnya, pembalap Honda Repsol itu menjadi pemenang di seri Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Aragon, dan Thailand.

Baca Juga

Tak hanya itu saja, dari 15 seri yang telah dijalani musim ini, Marquez hanya dua kali saja kehilangan poin. Istimewanya lagi, di 13 seri lainnya ia sukses berdiri di podium.

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Marc MarquezValentino RossiMotoGPAndrea DoviziosoMotoGP 2018

Berita Terkini