x

Unik! Ini Konsep Pembangunan Sirkuit MotoGP di Indonesia

Rabu, 7 November 2018 16:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Balapan MotoGP.

INDOSPORT.COM - Ajang balap MotoGP tampaknya akan menjadi primadona baru publik Tanah Air. Hingga kini pemerintah masih menggenjot pembangunan sirkuit MotoGP di kawasan wisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini juga dipertegas dengan kedatangan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, saat berkunjung ke Lombok, beberapa waktu lalu. Menariknya, sirkuit yang tengah dibangun ini memiliki konsep berbeda, lantaran menggunakan konsep jalan raya atau street circuit.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer menjelaskan, pembangunan sirkuit dikonsep seperti di Nusa Dua, Bali.

Baca Juga

“Kita menyebutnya Mandalika Street Circuit, jadi nanti balapannya di jalan itu yang dibuat seperti sirkuit bertaraf internasional,” ungkap Abdulbar, dikutip dari laman resmi MotoGP.

“Jadi selain untuk balapan motor lain seperti Super Bike, MotoGP juga bisa digelar di sirkuit itu. Bahkan, nanti kita akan bangun Convention Hall, yang nantinya bisa digunakan sebagai paddock ketika balapan berlangsung,” tambahnya.


1. Nonton dari Atas Bukit

Siap gelar MotoGP Indonesia 2018, Dorna nantikan Sirkuit Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan.

Guna memuluskan pembangunan sirkuit yang diimpikan, telah disiapkan wilayah seluas 131 hektar yang berlokasi di Mandalika, dan akan memakan biaya investasi hingga 1 miliar dollar Amerika atau setara dengan 14,5 triliun rupiah.

Namun sirkuit di Indonesia akan dibuat berbeda dan lebih istimewa, lantaran penonton juga bisa menikmati aksi balapan Valentino Rossi dan kawan-kawan dari atas bukit.

“Bukit itu akan kita bangun, jadi nanti bisa melihat di sekeliling bukit. Intinya segala sesuatunya akan dipikirkan, termasuk fasilitas sirkuit lain,” tutup Abdulbar.

Baca Juga

Kabar baik ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, menyusul Malaysia dan Thailand yang telah lebih dahulu menggelar balap motor MotoGP di wilayah Asia Tenggara.

Penulis: Martini

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

MotoGPMotoGP IndonesiaDorna Sports

Berita Terkini