x

Dramatis! Rossi dan Marquez Jatuh, Dovizioso Berjaya di MotoGP Valencia

Minggu, 18 November 2018 21:53 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Ajang balap motor paling bergengsi di dunia yaitu MotoGP 2018 akhirnya akan memainkan seri balapannya yang terakhir di Valencia.

Andrea Dovizioso yang tampil konsisten dalam balapan kali ini berhasil menjadi yang tercepat untuk merebut podium pertama di seri kali ini.

Di tengah guyuran hujan lebat, balapan tetap dilakukan meski lintasan balap terlihat basah dan berbahaya. Hasilnya, banyak sekali pembalap yang terjatuh karena tergelincir dari lintasan yang sangat licin.

Baca Juga

Salah satu pembalap yang terjatuh adalah Marc Marquez yang merupakan juara MotoGP musim ini. Kabarnya, Marquez sudah alami cedera pada bahunya dan jatuhnya ia membuat dislokasi pada bahunya semakin parah dan memaksa dirinya harus keluar, balapan pun sempat dihentikan sementara.

Akhirnya, Dovizioso berhasil menjadi juara GP Valencia setelah balapan dimulai kembali. Salah satu kunci Doviziosio berhasil menjadi yang tercepat tampaknya disebabkan oleh pergantian ban yang dilakukan.

Baca Juga

Sementara itu, balapan ini juga menjadi yang terakhir bagi Dani Pedrosa yang memutuskan pensiun.


1. Jalannya Balapan

Maverick Vinales terjatuh di GP Valencia 2018.

Balapan GP Valencia, Spanyol pun dimulai dalam kondisi Lintasan yang basah. Meski begitu, para pembalap tetap bersemangat dan tetap menggeber motornya dengan kecepatan tinggi demi meraih podium pertama dalam balapan seri terakhir musim ini.

Alex Rins langsung memimpin balapan meninggalkan pembalap lainnya seperti Dovizioso, Pol Espargaro dan Marc Marquez.

Sementara itu, Vinales yang berada di pole position sebelum race dimulai harus turun di tempat ketujuh tertinggal dari pembalap-pembalap lainnya.

Baca Juga

Balapan baru dimulai beberapa lap, dua pembalap sekaligus harus terjatuh yaitu Aleix Espargo dan Jack Milleraus. Akibatnya kedua pembalap itu tidak bisa melanjutkan balapan untuk selanjutnya.

Marc Marquez yang sudah menahbiskan dirinya menjadi juara MotoGP 2018 musim ini menunjukan kepiawaiannya dengan melewati Pol Espargaro untuk menempati posisi ketiga. Tetapi seperti biasa, ia melakukan dengan cara yang nekat.

Lintasan yang basah tampaknya membuat semua pembalap kesulitan dalam mengontrol motornya, termasuk Marquez dan Pol Espargaro yang harus terjatuh dalam sebuah insiden.

Baca Juga

Espargaro masih bisa melanjutkan race, sedangkan Marquez harus keluar dengan kondisi bahu yang mengalami dislokasi, sekedar informasi Marquez sudah alami sakit di bahu sebelum balapan dimulai.

Pembalap yang terjatuh semakin bertambah, kali ini korbannya adalah andalan Italia, Iannone yang sepertinya tidak bisa melanjutkan balapan. Di sisi lain, Marc Marquez yang sempat alami kecelakaan telah dinyatakan baik-baik saja setelah mendapatkan perawatannya.

Vinales benar-benar alami nasib buruk hari ini, setelah turun dari pole position, Vinales harus terjatuh dengan keras. Bahkan ia sampai terlempar dan motornya sempat mengeluarkan percikan api yang sempat bikin banyak orang khawatir.

Dikarenakan hujan yang semakin deras, lintasan yang sudah ditemukan beberapa genangan di beberapa titik dan banyaknya pembalap yang terjatuh, diambilah keputusan untuk red flag (dihentikan sementara). Balapan akan kembali dimulai dari lap ke empat belas dengan Alex Rins yang memimpin di pole position.

Di belakang Alex Rins, ada Dovizioso dan Valentino Rossi yang menempati posisi kedua dan ketiga. Pembalap senior, Dani Pedrosa yang sudah di penghujung kariernya menempati posisi keempat. Situasi hujan bisa jadi menguntungkan bagi Dani Pedrosa yang pernah menang di kala hujan.

Valentino Rossi di balapan kali ini menunjukkan kapasitasnya sebagai pembalap yang handal karena mampu berada diposisi ketiga, padahal Valentino Rossi memulai race di posisi keenam belas. Persaingan antara Rossi, Dovizioso, dan Rins diprediksi akan semakin memanas.

Balapan kembali dimulai setelah melihat hujan sudah mulai reda dan mobil yang mengawasi lintasan juga sudah mulai melakukan tugasnya.

Kunci dari balapan bisa dimulai kembali adalah karena para petugas bekerja keras dalam menyingkirkan genangan air dari lintasan balap.


2. Jalannya Balapan Setelah Sempat Dihentikan

GP Valencia 2018.

Andrea Dovizioso yang berada di tempat kedua berhasil menyalip Alex Rins untuk menempati posisi pertama untuk sementara. Semantara Valentino Rossi masih berada di tempat ketiga dan hujan terlihat mulai kembali mengguyur Valencia.

Di belakang Valentino Rossi, terjadi persaingan sengit antara Dani Pedrosa dan Pol Espargaro yang berebut untuk menempati posisi keempat. Tampak kedua pembalap saling kejar-mengejar agar bisa finish di posisi yang lebih tinggi.

Valentino Rossi kembali menunjukan kelasnya sebagai pembalap yang pernah menjadi juara dunia. Ia berhasil mendahului Alex Rins dan sedang berusaha untuk mengejar Dovizioso.

Baca Juga

Kembali ada pembalap yang terjatuh yaitu Alvaro Bautista yang diakibatkan kondisi lintas balapan yang masih basah. Hal sama juga menimpa Valentino Rossi yang tergelincir, untungnya ia masih bisa melanjutkan balapan dengan berada di posisi ke-13 di belakang Lorenzo.

Akhirnya Dovizioso dari Ducati keluar sebagai yang tercepat di GP Valencia meninggalkan pembalap-pembalap yang lain. Sedangkan Alex Rins menempati posisi kedua yang disusul oleh Pol Espargaro di tempat ketiga.

Balapan di Valencia ini juga menjadi ajang terakhir bagi Dani Pedrosa yang sudah memutuskan untuk pensiun.


3. Hasil Balapan

Valentino Rossi pada GP Valencia 2018.

1. Andrea Dovizioso

2. Alex Rins

3. Pol Espargaro

 Ikuti Terus Berita Olahraga MotoGP hanya di INDOSPORT

Marc MarquezValentino RossiDani PedrosaMotoGPAndrea DoviziosoMotoGP Valencia

Berita Terkini