x

3 Keuntungan yang Dirasakan bila MotoGP Dilaksanakan di Indonesia

Kamis, 21 Februari 2019 17:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Tampak atas calon sirkuit MotoGP Lombok.

INDOSPORT.COM - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT pengembangan pariwisata Indonesia menargetkan untuk bisa menggelar ajang balap motor bergengsi di dunia yakni, MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2021 mendatang.

Direktur Pengembangan ITDC, A. A Ngurah Wirawan menyampaikan bahwa pembangunan Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) ini dilakukan oleh ITDC dan juga dibantu oleh anak perusahaan konstruksi global dari Prancis, Vinci Construction Grands Projets (VCGP).

Baca Juga

"ITDC bertanggung jawab membangun pembentukan badan jalan mulai Oktober tahun ini. Ada beberapa terowongan juga yang harus dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 uji kelayakan,” papar Wirawan dilansir dari Antara.

“Setelah itu nanti diputuskan kita ikut race Maret atau Oktober 2021," ucap Wirawan usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (19/02/19).

Wirawan juga menjelaskan ITDC akan memulai pembentukan badan jalan pada Oktober tahun ini. pembangunan badan jalan diperkirakan akan memakan waktu enam hingga sembilan bulan.

Pembangunan sirkuit kelas dunia di Indonesia sendiri dapat memberikan banyak keuntungan. Apalagi jika MotoGP benar-benar digelar di Tanah Air. Berikut ini kami rangkum tiga keuntungan yang bakal dirasakan Indonesia bila MotoGP dilaksanakan di Tanah Air. 


1. 1. Keuntungan Pariwisata untuk Indonesia

Tampak atas calon sirkuit MotoGP Lombok.

Keuntungan Pariwisata untuk Indonesia salah satu keuntungan jika Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP yaitu keuntungan dari segi pariwisata. Bisa dipastikan bahwa turis akan berdatangan ke Indonesia untuk menonton MotoGP.

Intensitas turis yang akan datang ke Indonesia tentu akan terus meningkat sebelum maupun sesudah balapan berlangsung.

Selain itu Lombok yang memiliki pemandangan yang indah tentu akan semakin terkenal karena selain menyajikan pemandangan yang indah, Lombok juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pecinta balap motor.


2. 2. Fans MotoGP Indonesia bisa Tonton Langsung Balapan MotoGP

Komentator MotoGP cilik Indonesia bertemu idolanya, Valentino Rossi.

Keuntungan kedua yang didapatkan oleh Indonesia adalah para pencinta balap Tanah Air tentu tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menyaksikan MotoGP. Para penonton hanya perlu pergi ke Lombok untuk menyaksikan para jagoannya beraksi di atas motor.

Seperti seorang bocah asal Kupang bernama Rivaldy Evans, misalnya. Bocah cilik satu ini dikenal sebagai seorang komentator cilik yang untuk balapan MotoGP, dan tentunya penggemar berat MotoGP.

Bila nantinya Lombok secara resmi menjadi salah satu tuan rumah balapan MotoGP nantinya, maka orang seperti Rivaldy Evans akan merasakan dampak yang cukup nyata, yakni bertemu kembali dengan idolanya dan menonton langsung balapan.


3. 3. Motivasi Pembalap Muda Indonesia

Pembalap Indonesia, M. Iqbal Hakeem.

Keuntungan ketiga yaitu motivasi dari pembalap muda yang meningkat. Jika MotoGP diselenggarakan di Indonesia, sudah bisa dipastikan bahwa banyak pembalap muda yang termotivasi untuk menjadi pembalap yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, di depan pendukungnya sendiri.

Baca Juga

Selain itu, sirkuit yang berada di Lombok tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas latihan untuk para pembalap muda guna berlatih, karena selama ini Indonesia baru memiliki satu sirkuit yang layak untuk dijadikan tempat berlatih bagi para pembalap muda, yakni di Sirkuit Sentul.

Terus Ikuti Berita MotoGP dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

IndonesiaMotoGPTRIVIA

Berita Terkini