x

Profil Tim MotoGP: Red Bull KTM Tech 3

Selasa, 5 Maret 2019 16:44 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Livery motor tim MotoGP Red Bull KTM Tech 3

INDOSPORT.COM - Ajang kompetisi balap motor MotoGP 2019 akan segera bergulir akhir pekan ini. Berikut profil tim MotoGP Red Bull KTM Tech 3.

Red Bull KTM Tech 3 merupakan tim satelit dari pabrikan KTM. Mereka diperkuat duet Hafizh Syahrin asal Malaysia dan Miguel Oliveira dari Portugal.

Mulai musim 2019, tim satelit KTM menggunakan sponsor dari Tech 3 setelah sebelumnya bekerja sama dengan Yamaha selama 20 tahun.

Keberadaan sponsor Red Bull akan sedikit mempengaruhi livery motor KTM. Nuansa motor Red Bull KTM Tech 3 yang dikendarai Syahrin dan Oliveira sedikit didominasi warna gelap.

Baca Juga

Pembalap KTM Tech 3 akan memakai motor KTM RC16 dengan penyedia ban dari Michelin. Kurang lebih tidak ada perubahan konstruksi motor dari musim lalu.

KTM baru memasukki ranah MotoGP dan Moto2 pada 2017. Mereka sebelumnya lebih banyak meraih sukses pada kejuaraan kelas Moto3.

CEO KTM, Stefan Pierer, ingin dua tim di kelas MotoGP dan Moto2 bisa menyusul prestasi di kelas teringan Grand Prix. Hal itu mereka lakukan dengan program pengembangan motor berdurasi panjang.

"Ini adalah program berdurasi lima tahun dan pada akhir durasi ini kami ingin meraih banyak podium dan pada musim-musim balap selanjutnya,” ujar Pierer seperti dilansir dari laman berita olahraga Autosport.


1. Hafizh Syahrin

Hafizh Syahrin

Hafizh Syahrin merupakan pembalap motor asal Malaysia. Ia merupakan pembalap asal Asia Tenggara pertama yang tampil di ajang MotoGP.

Pembalap berusia 24 tahun tersebut baru menjalani balapan perdananya di kelas MotoGP pada musim 2018 lalu dan bergabung bersama tim satelit Yamaha Tech 3.

Baca Juga

Menariknya, Syahrin kembali bergabung dengan tim yang bekerjasa sama dengan Tech 3. Dia berduet dengan Miguel Oliveira yang baru saja naik kelas ke MotoGP musim 2019 ini.

Pada musim pertamanya di MotoGP, Syahrin finis di peringkat ke-16 klasemen akhir dengan koleksi 46 poin. Ia gagal meraih podium dan pencapaian terbaiknya hanya finis di urutan ke-9 di MotoGP Argentina.


2. Miguel Oliveira

Miguel Oliveira Pembalap MotorGp

Miguel Oliveira akan menjalani debut perdana di kelas MotoGP musim 2019 ini. Ia naik kelas dari Moto2 di tim Red Bull KTM Ajo.

Pembalap berusia 24 tahun ini selama dua musim berturut-turut sukses menduduki peringkat 3 besar di kelas Moto2. Pada musim 2017 ia finis di urutan 3 klasemen akhir, sementara musim 2018 lalu menjadi runner up.

Pada musim 2017, Oliveira mampu mencatatkan tiga kemenangan beruntun di tiga seri terakhir Moto2, yakni di MotoGP Australia, Malaysia, dan Valencia.

Baca Juga

Selama dua musim berturut-turut, Oliveira berhasil meraih podium di MotoGP Argentina, Spanyol, Ceko, Malaysia, dan Valencia. Ia bahkan sukses meraih juara di MotoGP Valencia dua musim berturut-turut.

Duet pembalap muda di kubu Red Bull KTM Tech 3 akan menjadi ancaman tersendiri bagi tim-tim lain meski motor mereka diprediksi belum bisa bersaing dengan tim Ducati, Honda, dan Yamaha.

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

MotoGPKTMHafizh SyahrinMotoGP 2019Miguel OliveiraRed Bull KTM Tech 3

Berita Terkini