x

3 Hal yang Layak Dinanti dari Balapan Perdana MotoGP 2019

Minggu, 10 Maret 2019 17:52 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Valentino Rossi saat menjalani tes di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (24/02/19).

INDOSPORT.COM – Ajang balap motor bergensi dunia, MotoGP 2019 akan bergulir Senin (11/03/19) dini hari nanti di Sirkuit Losail, Qatar.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi akan memulai balapan di posisi ke-14. Ia mengalami kendala ban pada babak kualifikasi sehingga tercecer dari posisi 10 besar.

Nasib kurang beruntung juga dialami oleh pembalap baru Honda, Jorge Lorenzo. Ia akan memulai balapan di belakang Rossi.

Baca Juga

Posisi pole position diduduki oleh rekan setim Rossi, Maverick Vinales. Sementara Andrea Dovizioso dan Marc Marquez masing-masing menempati urutan ke-2 dan ke-3.

Balapan perdana MotoGP selalu menyimpan hal-hal menarik. Terlebih, adu cepat di Sirkuit Losail, Qatar punya keunikan dibandingkan dengan arena balapan yang lain.

Baca Juga

Selain itu, musim 2019 ini juga menjadi panggung pertunjukan bagi motor-motor dan para pembalap yang baru bergabung dengan tim baru.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 hal yang layak dinanti dari balapan perdana MotoGP 2019.


1. Satu-satunya Balapan Malam

Sirkuit Losail,Qatar.

MotoGP Qatar pertama kali digelar pada tahun 2004. Sampai edisi 2007, balapan di Sirkuit Losail berlangsung pada siang hari.

Perlu diketahui, Sirkuit Losail berada di tengah padang pasir. Suhu udara saat balapan bisa mencapai 45 derajat Celsius dan trek terkadang licin karena adanya pasir yang tertiup angin.

Banyaknya keluhan dari pembalap akhirnya membuat waktu balapan di MotoGP Qatar diubah menjadi malam hari sejak tahun 2008.

Baca Juga

MotoGP Qatar menjadi satu-satunya balapan MotoGP yang digelar di malam hari. Sirkuit ini diterangi oleh 3.600 unit lampu yang ditenagai oleh 40 generator.

Penerangan lampu Sirkuit Losail ditengarahi mampu menerangi hingga 70 stadion sepak bola atau jalan sepanjang 4.600 km kira-kira dari ibu kota Doha hingga Moskow di Rusia.


2. Ajang Pamer Motor

Jorge Lorenzo dan Marc Marquez tergabung dalam tim Repsol Honda

Unjuk Gigi Rider dan Tunggangan Baru

Perubahan komposisi pembalap dan tim pabrikan pada musim 2019 ini lebih banyak dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya.

Ada 11 tim yang berlaga di MotoGP 2019 dengan jumlah tim pabrikan sebanyak 6 tim, yakni Yamaha, Honda, Ducati, KTM, Suzuki, dan Aprilia.

Pensiunnya Dani Pedrosa mengubah peta pembalap di beberapa tim. Posisinya di Honda kini ditempati oleh Jorge Lorenzo dari Ducati.

Sementara itu, posisi Lorenzo di Ducati digantikan oleh Danilo Petrucci. Andrea Iannone juga tidak lagi bersama Suzuki dan pindah ke Aprilia.

Selain kepindahan pembalap ternama lainnya, ada juga pembalap rookie yang naik kelas ke MotoGP, yakni Francesco Bagnaia, Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, dan Joan Mir.

Baca Juga

Potensi Jawara MotoGP 2019

Marc Marquez masih menjadi kandidat terkuat peraih juara MotoGP 2019. Kepindahan Jorge Lorenzo ke Honda juga kian menambah panas persaingan perebutan juara.

Valentino Rossi tetap diperhitungkan meski usianya sudah tidak muda lagi. Rekan setimnya, Maverick Vinales lebih punya peluang untuk merusak dominasi Marquez.

Andrea Dovizioso dan Ducati juga tidak boleh dianggap remeh. Pembalap asal Italia ini menduduki peringkat ke-2 musim 2018 lalu.

Ikuti Terus Update MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Marc MarquezValentino RossiJorge LorenzoMotoGPMaverick VinalesMotoGP QatarTRIVIAMotoGP 2019

Berita Terkini