x

Deretan Permasalahan yang Pernah Mewarnai MotoGP Qatar

Minggu, 10 Maret 2019 14:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
Valentino Rossi mengendarai motor Yamaha YZR-M1 jelang MotoGP 2019.

INDOSPORT.COM – Ajang MotoGP musim 2019 kembali bergaung dan Sirkuit Losail Qatar akan menjadi tuan rumah balapan pembuka tahun ini. Balapan perdana akan dilangsungkan pada Minggu (10/03/19) malam.

Selama lebih dari satu dekade, Sirkuit Losail selalu dipercaya menjadi tempat dilaksanakannya balapan pembuka seri MotoGP setiap musimnya.

Namun satu hal berbeda datang dari ajang balapan tahun ini di Qatar, yakni balapan yang akan dilangsungkan pada malam hari. Kebijakan ini diambil guna mengurangi risiko kecelakaan di lintasan.

Baca Juga

Ya, Sirkuit Losail di Qatar memang terletak di dekat Doha dan dikelilingi gurun sehingga akan sangat berisiko jika balapan dilakukan pada siang hari.

Selain karena terletak di antara gurun yang membuat lintasan menjadi cukup berbahaya, masih banyak permasalahan yang kerap kali terjadi saat MotoGP dihelat di Qatar selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Berikut portal media olahraga INDOSPORT merangkum deretan permasalahan yang pernah mewarnai MotoGP Qatar.


1. 1. Kualifikasi Dibatalkan

Sirkuit Losail, Qatar.

Seri perdana MotoGP 2017 yang dilakukan di Sirkuit Losail Qatar sempat terganggu usai terus diguyur hujan selama beberapa hari. Menjelang sesi kualifikasi, hujan kembali melanda hingga membuat lintasan balap menjadi basah dan licin.

Sejumlah pembalap yang diturunkan pada seri tersebut kemudian memutuskan untuk meninggalkan motornya dan tidak mengikuti kualifikasi, lantaran lintasan dianggap berbahaya untuk keselamatan mereka.

Baca Juga

Kemudian saat tiba waktu untuk melakukan balapan, gerimis masih mengguyur Sirkuit Losail dan membuat lintasan tergenang air. Jadwal balapan pun sempat tertunda selama lebih dari 20 menit.


2. 2. Total Lap Balapan Dikurangi

Sirkuit Losail, Qatar.

Masih di tahun yang sama, tepatnya pada seri perdana MotoGP 2017 di Sirkuit Losail Qatar, race director memutuskan untuk mengurangi lap balapan yang harus dilintasi oleh Valentino Rossi dan kawan-kawan.

Sejatinya pembalap harus melakukan 22 putaran, namun karena lintasan yang sangat sulit dilewati setelah diguyur hujan, pihak penyelenggara kemudian mengurangi lap lintasan menjadi 20 putaran saja.

Baca Juga

Selain karena lintasan yang cukup sulit, race director juga menekankan pentingnya keselamatan para pembalap di seri MotoGP edisi perdana tersebut.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar MotoGP 2019 Hanya di INDOSPORT.COM.

MotoGPMotoGP QatarSirkuit LosailMotoGP 2019

Berita Terkini