x

3 Fakta yang Harus Diketahui Jelang MotoGP Amerika Serikat

Sabtu, 13 April 2019 19:14 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Circuit of The America, venue MotoGP Amerika Serikat.

INDOSPORT. COM - MotoGP 2019 seri ketiga yang akan berlangsung di Amerika Serikat pada akhir pekan ini, menyimpan sejumlah fakta menarik.

Ya, Circuit of The Americas (COTA), pada Senin (15/4/19) dini hari mendatang, akan melangsungkan balapan seri ketiga MotoGP 2019. Para pembalap bakal menjalani 20 putaran untuk bersaing menjadi yang tercepat.

Jelang MotoGP Amerika Serikat ini, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez diberkahi modal apik. Marquez baru saja meraih kemenangan di MotoGP Argentina pada seri sebelumnya.

Baca Juga

Namun, balapan di COTA nanti segalanya masih bisa terjadi. Marquez mungkin saja dijegal oleh pembalap lainnya, seperti Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan sebagainya.

Sebelum melangkah jauh ke jalannya balapan, mari kita menilik ke hal lainnya terlebih dahulu. Terutama mengupas soal fakta-fakta menarik jelang balapan MotoGP Amerika Serikat tersebut.


1. Fakta-fakta Jelang GP Amerika Serikat

Marc Marquez

MotoGP di Amerika Serikat

Amerika Serikat terbilang jadi negara yang kerap menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP. Setidaknya, sudah 30 kali balapan MotoGP digelar di Amerika Serikat

Uniknya, dari 30 kali balapan itu, sudah ada empat sirkuit yang dipakai. Ada Sirkuit Daytona (dua kali), Sirkuit Laguna Seca (15 kali), Sirkuit Indianapolis (delapan kali), dan serta COTA (lima kali).

Marquez adalah Raja

Marc Marquez merupakan pembalap yang berasal dari Spanyol. Walau begitu, ia tetap bisa mendapatkan tempat spesial tersendiri di tanah Amerika Serikat.

Ya, Marquez bisa dibilang raja balapan Amerika Serikat, lantaran bisa selalu keluar sebagai pemenang dalam 10 kali balapan di sana. Marquez paling banyak menuai kemenangan di COTA, yakni enam kali, lalu Sirkuit Indianapolis tiga kali, serta sekali di Sirkuit Laguna Seca.

Marquez dan Rossi Bersaing

Marc Marquez sebelumnya telah disebutkan merupakan raja balapan Amerika Serikat. Akan tetapi, Marquez jelas tidak sendirian.

Ada pula Valentino Rossi yang pernah merasakan manisnya kemenangan di Amerika Serikat. Paling berkesan mungkin terjadi pada 2008 lalu, ketika Rossi berhasil mengalahkan Casey Stoner lewat persaingan sengit di Sirkuit Laguna Seca.

Baca Juga

Ya, Marquez dan Rossi merupakan dua pembalap dalam kelas MotoGP saat ini yang pernah meraih podium pertama di Amerika Serikat. Mungkinkah muncul juara baru pada balapan nanti?

Ikuti Terus Berita Olahraga MotoGP hanya di INDOSPORT

Marc MarquezValentino RossiMotoGPGP Amerika SerikatMotoGP 2019

Berita Terkini