x

Dominasi Valentino Rossi dan Fakta yang Harus Diketahui Jelang MotoGP Jerez di Spanyol

Sabtu, 4 Mei 2019 19:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Circuito de Jerez.

INDOSPORT.COM - Seri keempat ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (05/05/19) besok.

Balapan di Sirkuit Jerez menjadi menarik untuk dinantikan karena merupakan seri pembuka dari balapan di Eropa, yang akan berlangsung dalam lima seri kedepannya.

Baca Juga

Selain itu, menariknya balapan di Jerez Spanyol nanti juga berpotensi tercipta, berdasarkan kondisi klasemen pembalap saat ini di MotoGP yang masih begitu ketat.

Di mana Andrea Dovizioso masih memimpin dengan poin raihan 54 poin. Sementara di bawahnya ada Valentino Rossi dan Marc Marquez yang berselisih tiga dan sembilan poin.

Baca Juga

Menariknya balapan MotoGP Jerez untuk dinantikan, juga bisa terlihat dalam beberapa fakta yang juga menghiasi balapan yang akan berlangsung Minggu malam Pukul 19.00 WIB Waktu Indonesia Barat itu.

Apa saja faktanya, berikut INDOSPORT merangkumkan.


1. Pole Posision Terbanyak

Valentino Rossi saat balapan di Sirkuit Jerez dalam seri MotoGP Spanyol 2018.

Sebagai salah satu pembalap tersukses dalam sejarah MotoGP, Valentino Rossi mampu menunjukan dominasinya di Sirkuit Jerez.

Rossi hingga kini masih mendominasi sebagai salah satu pembalap yang paling banyak meraih pole posisition atau start dari urutan terdepan di Sirkuit Jerez, sebanyak  lima kali pole position. Jumlah tersebut sama dengan yang dicatatkan pembalap tuan rumah, Jorge Lorenzo.

Juara Terbanyak

Bukan hanya sekadar paling banyak meraih pole position, Valentino Rossi juga mampu menunjukan dominasinya di Sirkuit Jerez sebagai peraih gelar juara terbanyak.

Tercatat Rossi sudah tujuh kali meraih gelar juara di Sirkuit Jerez. Jumlah yang terpaut jauh dari Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang hingga kini baru dua kali juara di negara kelahirannya itu.

Rossi sendiri mampu menjadi yang terbaik di Sirkuit Jerez dalam balapan MotoGP Spanyol pada musim 2002, 2003, 2005, 2007, 2009, dan terakhir di 2016.


2. Balapan Monumental

Aksi Andrea Dovizioso, sang pemuncak klasemen, di MotoGP Amerika Senin (15/04/19). Foto: Christian Pondella/Getty Images

Fakta lainnya dalam balapan MotoGP Sikuit Jerez berikutnya, juga menyangkut pembalap Italia, Andrea Dovizioso.

Pembalap 33 tahun itu akan mennciptakan sebuat momen penting dalam balapan Sirkuit Jerez esok Minggu. Di mana dirinya akan menjalankan penampilan ke-200nya selama berkarier di balapan MotoGP sejak tahun 2008.

Dalam jumlah 200 kurang satu itu, Andrea Dovizioso telah sukses mengemas total 2.193 poin. Yang di antaranya bersumber dari hasil 13 kali meraih podium pertama.

Selain akan menjadi momentum balapan ke-200, balapan di Sirkuit Jerez nanti juga menjadi kesempatan seorang Andrea Dovizioso memperbaiki catatan buruknya di MotoGP Spanyol. Di mana dirinya selalu gagal meraih podium dalam 11 kali balapan di Sirkuit Jerez yang dilaluinya.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Ikuti Terus Berita Olahraga MotoGP hanya di INDOSPORT

Valentino RossiMotoGPAndrea DoviziosoMotoGP SpanyolSirkuit JerezTRIVIABerita Sport

Berita Terkini