x

Sirkuit Catalunya-Barcelona, Saksi Deretan Momen Bersejarah GP Spanyol

Kamis, 9 Mei 2019 17:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Sirkuit Catalunya.

INDOSPORT.COM - Sirkuit Catalunya merupakan sirkuit bersejarah langganan MotoGP dan F1. Sirkuit Catalunya menjadi lokasi banyak peristiwa sejarah di arena balap. 

Spanyol, memiliki 4 sirkuit balap terkemuka yang saat ini menjadi langganan MotoGP. GP Spanyol di Sirkuit Jerez, GP Aragon di Sirkuit Aragon, GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, dan GP Catalunya di Sirkuit Catalunya. 

2 diantara 4 sirkuit tersebut memiliki keunikan tersendiri. Sirkuit Ricardo Tormo yang dipakai untuk GP Valencia, selalu menjadi seri penutup dari kalender MotoGP di setiap musimnya. 

Baca Juga

Sedangkan untuk Sirkuit Catalunya, terkenal 'keangkerannya' bagi para pembalap. Kali ini, INDOSPORT akan membahas soal Sirkuit Catalunya. 

Mulai dari sejarah berdirinya, hingga momen-momen penting yang terjadi di sirkuit ini. 


1. Catalunya dan Momen-momen Bersejarahnya

sirkuit catalunya.

Sejarah Berdirinya

Sirkuit Catalunya atau yang kini bernama Circuit de Barcelona-Catalunya, mulai dibangun pada tahun 1991 untuk keperluan Olimpiade Barcelona 1992. Setelah dipakai di ajang Olimpiade Barcelona 1992 cabang balap sepeda, Sirkuit Catalunya mulai menjadi langganan MotoGP. 

Sirkuit Catalunya mulai menggelar MotoGP di tahun 1992 hingga sekarang. Sirkuit Catalunya dapat menampung hingga 140.700 penonton dalam satu kali balapan. 

Sirkuit Catalunya memiliki panjang 4,655 kilometer dengan 16 tikungan. Tikungan pertama menjadi tempat favorit para pembalap untuk menyalip lawannya. 

Sedangkan tikungan ke-12 yang tajam sering menjadi tempat kecelakaan. Sirkuit Catalunya juga terkenal dengan trek lurusnya yang panjang saat start dan menjelang finis. 

Sirkuit Catalunya yang setiap tahun menggelar MotoGP juga menjadi salah satu daya tarik dari Kota Barcelona yang setiap tahunnya menjadi tujuan wisata populer. 

Momen-momen Bersejarah

Pada tahun pertama Sirkuit Catalunya dibuka, langsung ada momen balapan yang dikenang sepanjang masa. Momen itu adalah duel antara legenda F1 Ayrton Senna dengan Nigel Mansell untuk merebut posisi ke-2. 

Sirkuit Catalunya juga menjadi tempat Michael Schumacher meraih kemenangan pertamanya sebagai pembalap Ferrari pada tahun 1996. 

Pembalap Spanyol pertama untuk Formula 1 yang berhasil meraih kemenangan di Sirkuit Catalunya adalah Fernando Alonso. Kemenangan Fernando Alonso itu terjadi pada tahun 2006. 

Duel yang paling dikenang lainnya yang terjadi di Sirkuit Catalunya adalah duel antara rekan satu tim, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. 

Valentino Rossi menunjukkan kejeniusannya dengan menyalip Jorge Lorenzo pada tikungan terakhir jelang garis finis atau tikungan ke-16. 

Tak hanya momen duel dan kemenangan yang terjadi, ada juga momen kesedihan dan kecelakaan di Sirkuit Catalunya. Pada tahun 2008 Heikki Kovalainen memacu mobilnya dengan kecepatan 240 km/jam. 

Namun masalah pada velg mobilnya membuatnya tergelincir di tikungan ke-9 dan menabrak pembatas. Ia sempat tak sadarkan diri selama beberapa menit. 

Baca Juga

Penonton sempat panik, hingga beberapa menit kemudian ia mengacungkan jempolnya tanda ia tak apa-apa. Kecelakaan parah lain yang terjadi di tahun 2016. 

Saat sesi latihan bebas kedua Moto2 MotoGP Catalunya 2016, Luis Salom kecelakaan di tikungan ke-12. Setelah dibawa ke rumah sakit, Luis Salom meninggal akibat cedera yang dideritanya pada kecelakaan tersebut. 

Liverpool Comeback Again, Saatnya Juara! 

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

SpanyolMotoGPMotoGP CatalunyaCatalunyaF1 GP Spanyol

Berita Terkini