x

Apa Kabar Alexandra Asmasoebrata, Pembalap Cantik Kebanggaan Indonesia yang Kini Alih Profesi

Jumat, 21 Juni 2019 11:06 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Lama tak terdengar kabarnya, mantan pembalap wanita kebanggaan Indonesia, Alexandra Asmasoebrata rupanya saat ini tengah menggeluti dunia bisnis kuliner.

Dalam dunia balap mobil, nama Rio Haryanto di telingan masyrakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, pria asal Solo itu pernah merasakan tampil di ajang balap mobil ternama dunia, Formula 1 beberapa tahun lalu.

Namun selain Rio, rupanya negeri ini pernah melahirkan sejumlah pembalap lain yang juga tak kalah berprestasi salah satunya adalah Alexandra Asmasoebrata.

Baca Juga

Lahir dari keluarga pembalap, Andra cukup dikenal dalam arena olahraga yang digandrungi pira ini. Bahkan, ia sempat masuk ke dalam buku MURI sebgai satu-satunya pembalap wanit di Indonesia dan tingkat Asia. 

Perjalanan Karier Alexndra Asmasoebrata

Allida Alexandra Nurluthvia atau yang lebih sering dikenal Alexandra Asmasoebrata, lahir di Jakarta pada 23 Mei 1988 lalu, merupakan putri ketiga dari pasangan Alex Asmasoebrata dan Sofia Muri Mardiana.

Darah mengendarai jet darat rupanya mengalir dari sosok sang ayah, yang merupakan mantan pembalap seangkatan Aswin Bahar, Tinton Suprapto, Deyu dan Dolly Indra Nasution.

Hal tersebut membuat Andra ikut tertarik menggeluti dunia balap. Di saat usianya mash 12 tahun, ia memulai karier sebagai pembalap Go Kart kelas 60 cc.

Baca Juga

Wanita yang memiliki tubuh 167 cm itu bahkan berhasil keluar sebagai juara dalam kejuaraan di kelas tersebut. Setahun berselang, Andra menjajal Go Kart kelas 125 cc. 

Kelihaian mengemudi berhasil mengantarkannya ke ajang balap bergengsi se-Asia Tenggara. Dari situ, membuka keran meningkatnya grafik karier Alexandra untuk terus berkembang di dunia balap. 

Andra pun ditawari untuk ikut berpartisipasi di arena balap internasional, dengan masuk dalam kualifikasi Formula BMW Scholarship pada Februari 2004 lalu di Spanyol. Prestasi yang tentunya sangat langka dicapai wanita seusianya. 

Di tahun berikutnya, Andra kembali meraih gelar juara umum dalam kompetisi balap Formula Campus Asia 2005 di China.

Selain itu, ia juga juara di National Kart Championship 2005, dan 13th World Championship Junior Rotax Max 2005. Dua tahun kemudian, kemampuan balapnya mulai berkembang.

Dari balap gokart, Andra merambah ke perhelatan Formula Renault Asia dan mendapat rekor dari Museum Rekor Republik Indonesia (MURI).

Alexandra Asmasoebrata didapuk sebagai pembalap wanita satu-satunya di Indonesia saat itu di Indonesia, serta wanita pembalap wanita pertama Indonesia yang menjajal Formula Renault.

Kesibukannya di dunia balap, tidak membuat Andra lupa dengan urusan pribadinya dalam hal percintaan. Ia memilih Dias Baskara Dewantara yang merupakan putra dari Mayjen (Purn) TNI Muchdi Purwoprandjono untuk menjadi pendamping hidupnya.

Keduanya kemudian mengikat janji setia pada 30 November 2014 lalu, di Hotel Shangri-La, Jakarta. Namun sayang, hubungan keduanya tidak berlangsung lama.

Andra dan Dias dikabarkan telah bercerai dalam beberapa tahun setelah menikah. Tidak diketahui pasti kapan keduanya mengakhiri pernikahan, karena tidak tercium oleh awak media.

Setelah menjanda, pada tahun 2017 ia kemudian kembali menikah untuk kedua kalinya dengan Subhan Aksa, yang merupakan keponakan dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Kegiataan Terbaru Alexandra Asmasoebrata

Kini, setelah pensiun dari dunia balap, Alexandra Asmasoebrata kini lebih banyak menghabiskan kegiatannya dengan menjadi pembicara dan juga berbisnis.

Salah satu bisnis yang tengah ditekuninya adalah bidang kuliner. Andra baru-baru ini membuka sebuah restoran sehat bernama Nebu di salah satu mall ternama di Makassar.

"Ini sebenarnya ini Poke Bowl -menu andalan- sudah popular di seluruh dunia dan juga di kota-kota besar Indonesia. Namun saya melihat di Makassar belum ada."

"Makanya saya dan yang lainnya berpikir kenapa tidak kita coba hadirkan di Makassar kan, secara kita tahu di sini itu banyak ikannya," katanya kepada awak media di grand opening restoran Nebu.

Ini bukanlah kali pertama Andra mempunyai usaha restoran. Sewaktu masih aktif menjadi pembalap, ia juga pernah berbinis kuliner di salah satu mall di Jakarta tahun 2013, namun usianya tidak panjang dan akhirnya tutup.

"2013, aku pernah buka restoran di salah satu mal di Jakarta. Tetapi bukan aku yang jalanin jadi kurang dapat feelnya kurang dapat," ujarnya.

"Aku kan sibuk balapan, jadi nggak enak aja gitu rasanya cuman modalin tetapi bukan aku yang jalankan," katanya lagi.

Meski sudah lama tidak aktif kebut-kebutan di sirkuit, namun Alexandra Asmasoebrata masih kerap mengikuti perkembangan dunia balap termasuk jadi penonton setia F1 musim 2019 ini, dan juga olahraga lainnya.

Selain itu, Alexandra Asmasoebrata juga didaulat sebagai pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat sebagai Ketua Women in Motorsport, komisi baru seperti yang ada di FIA. Tugasnya adalah mengembangkan keterlibatan kaum hawa di ajang balap.

Alexandra AsmasoebrataBalapBalap MobilApa Kabar

Berita Terkini