x

Jadi Harapan Indonesia, Ini Janji Ali Adrian di Asia Road Racing Championship

Sabtu, 29 Juni 2019 20:20 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pembalap muda Indonesia, Ali Adrian dalam Kejuaraan Asian Superbike 1000cc. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Perwakilan Indonesia di Asia Road Racing Championship, Ali Adrian Rusmiputro, akan berlaga di kelas Asian Super Bike 1000 (ASBK 1000). Minggu ini merupakan putaran keempatnya di Sirkuit Suzuka, Jepang. 

Menjadi satu dari 100 rider yang akan berkompetisi, pebalap muda tersebut mengaku siap menghadapi segala tantangan di Sirkuit yang terkenal dengan kombinasi sempurna antara teknik dan kecepatannya. 

"Saya akan berusaha sebaik-baiknya, untuk menghadapi tantangan Suzuka saya harus beradaptasi dengan cepat," tutur Ali Adrian ini. 

Baca Juga

Baginya, ini merupakan momen pertama kali berlaga di sirkuit yang telah beroperasi sejak 1962 ini. Oleh karena itu, ia pun bertekad untuk melakukan adaptasi dengan cepat. 

Suzuka memang bukan sirkuit yang lambat, meski diisi oleh 18 tikungan. Di bagian pertama, tantangan yang dihadapi sangatlah teknis, pebalap dituntut untuk bisa padu dengan tunggangan mereka menghadapi tikungan-tikungan yang sambung menyambung. 

Lalu di pilihan kedua, pebalap harus sanggup untuk memacu sepeda motor mereka yang berpadu dengan fast corner. 

"Yang jelas untuk menundukkan sirkuit legendaris ini pebalap harus mengeluarkan kemampuan teknis terbaik mereka dalam menunggang sepeda motor,"  jelas Najuib Hakeem selaku Manajer Onexox TKKR SAG Team.

Guna beradaptasi dengan baik, sedari hari Jumat Ali Adrian akan memaksimalkan sesi latihan dengan sepeda motor BMW S1000RR yang menjadi tunggangannya. 

Baca Juga

"Saya sudah dapat feel-nya, tapi akan ada perbedaan yang lumayan saat riding di jalan raya dan sirkuit," ujar Ali Adrian. 

Pada kelas ASBK1000 ini balapan akan dilakukan dua kali di setiap putarannya. Race pertama dilakukan pada hari Sabtu, 29 Juni 2019 sementara Race 2 dilakukan esok hari, yakni Minggu, 30 Juni 2019.

Ali Adrian RusmiputroAsian Road Racing Championship

Berita Terkini