x

5 Fakta MotoGP Jerman: Kedigdayaan Marquez dan Sukses Rossi di Pertarungan Sengit

Rabu, 3 Juli 2019 20:06 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Balapan MotoGP Jerman yang akan berlangsung akhir pekan ini di sirkuit Sachsenring , Minggu (07/07/19), memiliki beberapa fakta menarik.

INDOSPORT.COM - Balapan MotoGP Jerman yang akan berlangsung akhir pekan ini di sirkuit Sachsenring, Minggu (07/07/19), memiliki beberapa fakta menarik.

Ajang balap motor tercepat di dunia, MotoGP, akan memanikan seri kesembilannya akhir pekan ini di sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (07/07/19).

Baca Juga

Sebagai salah satu sirkuit yang sudah puluhan tahun menggelar ajang balap motoGP, Sirkuit Sachsenring tentu memiliki sejumlah kisah dan catatan menarik untuk dicermati.

Mulai dari rekor pembalap yang paling sering meraih gelar juara, pabrikan paling sukses hingga ke balapan paling snegit yang pernah terjadi. 

Untuk lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkumkan dalam '5 Fakta MotoGP Jerman Sikuit Sachsenring '.


1. Marquez dan Honda

Marc Marquez saat menyelesaikan tercepat, warm-up lap Sirkuit Sachsenring, arena MotoGP Jerman 2014. Minggu (13/07/14),

1. Marc Marquez Paling Sering Juara

Sejak penyelenggaraan MotoGP dibagi menjadi tiga kelas, sudah 28 balapan digelar di Sirkuit Jerman. Hasilnya, ada 12 pembalap berbeda yang berhasil meraih podium tertinggi sebagai juara.

Paling banyak, gelar juara berhasil dibawa pulang pembalap Spanyol, Marc Marquez. Pembalap dengan julukan The Baby Alien itu tercatat sudah sembilan kali meraih juara di  Jerman, yang enam di antaranya di nomor MototGP.

Capaian Marquez itu melewati pesaing terdekatnya, Valentino Rossi, yang sudah enam kali juara dan juga Dani Pedrosa yang juga juara sebanyak enam kali.

2. Honda Jauh Tak Terkejar

Mengikuti capaian Marquez, tim yang dibelanya, Honda, hingga kini juga masih tercatat sebagai tim paling sukses di Balapan GP Jerman.

Bahkan, apa yang dicapai Honda terhitung fantastis dengan 40 kali meraih gelar juara. Jumlah tersebut sangat jauh dibandingkan tim lainnya. Seperti yang terdekat misalnya, tim Aprilia, yang hanya mencatatkan 18 kali gelar juara.

Menariknya, pesaing Honda selama ini, Yamaha, tak bisa berbuat banyak di Jerman. Tim Garpu Tala itu baru lima kali meraih juara di Jerman, yang empat di antaranya di nomor MotoGP.


2. Dominasi Marquez dan Waktu Tercepat

Marc Marquez tengah merayakan kemenangnya di atas podium di GP Jerman.

3. Rekor Marc Marquez

Bukan hanya sebagai pembalap yang paling sering juara di balapan GP Jerman, Marc Marquez juga memiliki rekor fantastis bahwa dirinya tak sekalipun gagal meraih podium juara sejak sembilan tahun lalu.

Memulai perjalanan juaranya di GP Jerman saat masih turun di kelas 125cc tahun 2010 lalu. Setiap tahunnya, The Baby Alien selalu sukses mengulang prestasi juaranya di Jerman.

Musim 2011 dan 2012 di kelas Moto2 dan sejak tahuin 2013 hingga 2018 lalu, Marquez selalu berhasil juara di kelas MotoGP.

4. Catatan Waktu Tercepat

Fakta selanjutnya yang pernah tercatat di balapan MotoGP Jerman Sirkuit Sachsenring adalah perihal catatan waktu tercepat yang diukir seorang pembalap dalam satu lap.

Dan, lagi-lagi catatan rekor tersebut dipegang oleh pemuda Spanyol, Marc Marquez. Pembalap yang kini berusia 26 tahun itu mencatatkan waktu tercepat pada balapan MotoGP Jerman tahun 2016.

Kala itu, Marquez yang menunggangi motor Honda RC213V berhasil menorehkan waktu 1:21.16 menit atau dalam rata-rata kecepatan menembus 163 km/jam.

Catatan tersebut mengungguli torehan Hector Barbera yang menunggangi Ducati GP14 pada balapan MotoGP Jerman tahun yang sama.


3. Valentino Rossi

Aksi Valentino Rossi di MotoGP Jerman.

5. Rekor Balap Tersengit

Meski Marc Marquez berhasil mendominasi balapan di GP Jerman, bukan berarti pertarungan di sirkuit Sachsenring tak menarik untuk dinantikan.

Karena potensi laga sengit di balapan GP Jerman ini besar kemungkinan untuk kembali tercipta, seperti yang pernah terjadi di MotoGP 2006. Kala itu, balapan sengit terjadi dan menghasilkan Valentino Rossi sebagai yang tercepat.

Balapan di MotoGP Jerman Sirkuit Sachsenring kala itu bisa dibilang merupakan balapan tersengit yang pernah terjadi di ajang MotoGP. Bagaimana tidak, meski juara dengan catatan waktu 41:59.248, Rossi saat itu hanya terpaut 0,145 detik dari pesaing terdekatnya, Marco Melandri, di urutan kedua.

Sengitnya balapan kala itu juga terlihat dari jarak Rossi dan peringkat keempat, Dani Pedrosa, yang hanya 0,307 detik.

Marc MarquezValentino RossiHondaMotoGPMotoGP JermanSachsenring JermanSirkuit SachsenringTRIVIAMotoGP 2019

Berita Terkini