x

Formula 1 Pertimbangkan Gelar Seri Balap Grand Prix di Arab Saudi

Rabu, 7 Agustus 2019 14:19 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
Logo Formula 1

INDOSPORT.COM – Arab Saudi dan Formula 1 tengah membicarakan dan mempertimbangkan kemungkinan akan menggelar balapan di negara tersebut pada 2021.

Melansir dari surat kabar The Times, para petinggi F1 serta sepuluh tim akan mencari jalan keluar dan jaminan terkait isu seperti Hak Asasi Manusia, kesetaraan gender dan kebebasan pers sebelum setiap balapan disetujui.

Meski demikian, mereka menyebutkan jika F1 telah berdiskusi dengan sejumlah calon tuan rumah di seluruh dunia namun berakhir sia-sia lantaran tak menemui kesepakatan.

Baca Juga

Akan tetapi jika balapan seri F1 GP Arab Saudi disetujui, maka bisa terlaksana paling cepat pada tahun 2021, dean kalender balapan musim depan akan mengalami perubahan yakni menjadi 22 balapan.

Nantinya jika terealisasikan, maka ajang balapan yang digelar di Timur Tengah akan menjadi tiga balapan yakni GP Bahrain yang berlangsung di Sirkuit Sakhir dan Abu Dhabi yang digelar di Yas Marina.

Di sisi lain, Arab Saudi telah menjadi bagian di kalender balapan Formula E, di mana menggelar seri pertamanya 2018 lalu di Sirkuit Ad Diriyah.

Baca Juga

Sementara itu, pihak Formula 1 juga sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka ingin menambah balapan di Amerika Serikat, dengan Miami yang akan bergabung dengan Grand Prix Amerika Serikat di Austin, dan China.

Ada juga pembicaraan dengan Argentina, Afrika Selatan dan Maroko, dengan Afrika satu-satunya benua berpenghuni utama saat ini tanpa ras yang masih dipertimbangkan untuk menjadi tuan rumah balapan selanjutnya.

Formula 1Arab SaudiBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini