x

Mengingat Momen Menegangkan sampai ‘Nyeleneh’ di MotoGP Austria

Sabtu, 10 Agustus 2019 20:07 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Jelang balapan MotoGP Austria 2019, Minggu (11/08/19), di Sirkuit Red Bull, mari mengingat momen-momen menegangkan sampai yang ‘nyeleneh’ yang pernah terjadi.

MotoGP Austria beberapa kali berganti lokasi, mulai dari Osterreichring (1969-1995), A1-Ring (1996-2004), sampai Red Bull Ring (2011-sekarang).

Balapan di Sirkuit Red Bull Ring akan menjadi seri ke-11 musim 2019. Sejak dibuka kembali tahun 2016, Ducati selalu meraih podium puncak di MotoGP Austria.

Baca Juga

Pada musim 2019, pertarungan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, dan Marc Marquez menjadi pemandangan menarik sepanjang free practice sampai kualifikasi. Dovizioso merajai FP1, sedangkan Marquez unggul di FP2.

Andrea Dovizioso ingin menjaga dominasi Ducati di Austria, sementara Marquez hendak membuktikan diri sebagai pembalap yang bisa kencang di semua jenis sirkuit.

MotoGP Austria memang selalu menyuguhkan momen-momen menarik, mulai dari yang menegangkan sampai tidak biasa ‘nyeleneh’. Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT menghadirkannya untuk Anda.

Adu Salip Dovizioso-Marquez

MotoGP Austria 2017 menjadi panggung pertarungan bagi Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. Keduanya memulai balapan dari barisan depan dan terus berlanjut sampai jelang garis finis.

Red Bull Ring sejauh 4,318 kilometer yang dominan trek lurus dengan hanya tikungan berjumlah 10 menjadi tempat yang nyaman bagi Ducati. Dovizioso jelas diuntungkan dengan kondisi lintasan tersebut.

Last lap balapan menjadi pertarungan sengit di antara keduanya. Marquez gigih mencari celah untuk menyalip Dovizioso bahkan sampai adu pepet.

Marquez sempat berhasil melewati Dovizioso di tikungan terakhir, tetapi Dovizioso berhasil memanfaatkan kondisi Marquez yang kurang stabil usai menyalipnya kembali.

Dovizioso lantas berhasil mengambil posisi terdepan kembali dengan sedikit acungan tangan sebagai selebrasi setelah sukses mengalahkan Marquez di percobaan terakhirnya.

Dovizioso memperlebar dominasi Ducati di MotoGP Austria setelah tahun 2017 dimenangkan Andrea Iannone dan Jorge Lorenzo pada 2019. Ia juga tercatat selalu naik podium sejak 2016 sampai terakhir 2018 lalu.

Aksi 'Selancar'

Balapan di Red Bull Ring juga pernah diwarnai aksi tak biasa atau ‘nyeleneh’. Kejadian unik dialami oleh pembalap Moto2 asal Jepang, Tetsuta Nagashima.

Pada musim 2018, Tetsuna mengalami sebuah insiden lucu saat memasuki tikungan ke-9 pada sesi latihan bebas. Kondisi lintasan pada saat itu basah karena guyuran hujan.

Baca Juga

Keadaan lintasan yang licin membuat pembalap asal Jepang itu tergelincir dan terjatuh dari motor. Namun demikian, alih-alih terpental dan melepaskan kendali atas tungganganya, Tetsuta malah menaiki bagian samping motornya sembari “berselancar” di atas guyuran hujan.

Meski terjatuh, Tetsuta berhasil bangkit dan menyelesaikan sesi latihan bebas tersebut dengan finis di urutan ke-9. Kejadian itu bahkan sampai memuncul meme atau gambar lucu.

Marc MarquezMotoGPDucatiAndrea DoviziosoMoto2MotoGP AustriaSirkuit Red Bull RingMotoGP 2019Berita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini