x

Desain Telah Selesai, Begini Perkembangan Terkini Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021

Jumat, 16 Agustus 2019 18:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Lama tak terdengar, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengumumkan perkembangan terkini sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melalui postingan resmi yang dirilis oleh ITDC di akun Instagram-nya, proses homologasi desain sirkuit Mandalikan telah diselesaikan dalam kurun waktu dua bulan ini.

Proses konsultasi yang dilakukan di Assen, Belanda ini juga mempertemukan kembali dengan Direktur Operasional Dorna, perwakilan anggota FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan beberapa mitra pembangunan sirkuit Mandalika lainnya.

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, ITDC juga mengungkapkan bahwa desain sirkuit, termasuk bagian keselamatan dipresentasikan dan Center Line desain sirkuit disepakati.

Titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya sudah sudah selesai, dan hanya satu langkah lagi terpenuhi untuk menyelesaikan desain sirkuit. 

Nantinya setelah proses homologasi ini selesai, ITDC dapat melakukan penyusunan DED (Detailed Engineering Design) atau gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan sebelum memulai tahapan konstruksi dimulai.

Baca Juga

Proses perencanaan konstruksi seperti homologasi dan DED memakan waktu cukup lama karena adanya standar keamanan dan standar teknis yang tinggi dari FIM dan FIA. 

ITDC juga mengungkapkan bahwa proses ini akan terus berlangsung sampai konstruksi dimulai pada bulan Oktober 2019 nanti, di mana sirkuit yang memiliki konsep Mandalika Street Circuit atau berkonsep di jalan raya di Mandalika ini akan digelar untuk ajang balap dunia MotoGP 2021.

MotoGPSirkuit MandalikaBerita OlahragaBerita SportMotoGP 2021Nusa Tenggara Barat

Berita Terkini