x

F1 GP Italia 1961, Balapan Horor Paling Berdarah untuk Penonton

Jumat, 6 September 2019 12:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Wolfgang von Trips di F1 GP Italia 1956.

INDOSPORT.COM – Gelaran kejuaraan seri balapan Formula 1 GP Italia akan kembali digelar. Namun siapa sangka seri balapan tersebut menyimpan cerita kelam di mana pada tahun 1961 terdapat balapan horror paling berdarah bagi para penonton.

Seri balapan yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza di tepian Kota Milan, Italia itu dikenal dengan lintasan lurus dan tikungan yang lebar. Karakteristik itu ternyata membuat Monza dikenal sebagai sirkuit yang cukup angker bagi sebagian pembalap.

Pasalnya, sejarah mencatat, sirkuit tersebut menelan kurang lebih 50 korban jiwa sejak diresmikan pada tahun 1922 dan resmi mulai menggelar ajang Grand Prix pada musim 1950.

Baca Juga

Namun, terdapat sebuah kecelakaan yang paling terkenal dan dianggap sebagai balapan paling horror dan berdarah yakni saat pembalap Ferrari, Wolfgang von Trips meregang nyawa saat balapan di Monza pada musim 1961.

Saat itu Wolfgang yang berpeluang menjadi juara di ajang Formula 1 pada masanya mengalami kecelakaan usai mobilnya oleng dan menabrak pembalap tim Lotus, Jim Clark di sebuah tikungan yang berjuluk Parabolica.

Bersenggolan keras dengan jet darat rivalnya tersebut membuat mobil Ferrari yang dikemudikan oleh Wolfgang langsung mental ke udara serta menabrak dan menewaskan setidaknya 14 penonton.

Sementara pembalap asal Jerman tersebut terlempar dari kokpit dan meninggal dunia seketika di tempat kejadian kecelakaan maut itu terjadi.

Sebenarnya, Wolfgang sebelumnya juga sempat mengalami kecelakaan selama dua kali di Sirkuit Monza yakni pada 1956 dan 1958. Namun ia tak bisa lagi menghindari kematian ketika kembali mengalami kecelakaan di lintasan sama pada 1961.

Baca Juga

Meski tewas dalam kecelakaan fatal yang terjadi di Monza, Wolfgang telah dikenal sebagai salah satu pembalap legenda asal Jerman yang mampu meraih dan mencatatkan sejarah dalam ajang balapan Formula 1.

Sementara itu, meski dikenal sebagai salah satu sirkuit ‘angker’ dan salah satu yang tertua di F1, namun Monza mampu menjadi rumah yang istimewa bagi pecinta F1, terutama bagi kelompok pendukung atau tifosi tim pabrikan Ferrari.

Ferrari menjadi tim tersukses di Monza dengan rekor 19 kemenangan. Meski begitu, dalam lima edisi terakhir, Mercedes selalu meraih juara di Monza.

Maka seri balapan GP Italia 2019 yang akan berlangsung pada Minggu (08/09/19) ini akan menjadi semakin menarik, lantaran dipastikan akan menyajikan persaingan sengit dua pabrikan terkuat di ajang Formula 1.
 

FerrariFormula 1MonzaGP ItaliaGP F1 ItaliaBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini