x

Buntut Banjir Parah di Jakarta, Netizen Minta Formula E Dibatalkan

Jumat, 3 Januari 2020 11:50 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM – Kejuaraan balap mobil listrik Formula E yang akan digelar di Jakarta terancam dibatalkan lantaran menuai kecaman dari netizen karena dianggap sebagai salah satu penyebab banjir parah di Ibu Kota Indonesia tersebut.

Seperti yang telah diketahui, banjir saat ini masih menggenang di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Banjir tidak hanya diakibatkan hujan yang terjadi di wilayah DKI Jakarta, tetapi juga tingginya curah hujan di wilayah sekitarnya.

Buntut dari banjir parah tersebut pun berimbas pada gelaran Formula E yang akan dilaksanakan pada Juni 2020 mendatang, di mana para warganet menyerang akun official @FIAFormulaE di Twitter hingga mejadi trending topic dengan tagar #shameOnyouFormulaEJakarta.

Baca Juga

Pasalnya, para netizen menilai banjir tersebut terjadi karena gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memotong anggaran antisipasi banjir untuk kejuaraan Formula E.

Melansir dari laman Antara, diketahui Pemprov DKI banyak memangkas anggaran di tahun 2020. Seperti dalam dana revitalisasi GOR dan stadion sebesar Rp320,5 miliar di Dispora hingga pemangkasan alokasi sebesar Rp455,4 miliar untuk rehabilitasi sekolah di Dinas Pendidikan DKI.

Baca Juga

Kemudian Pemprov setempat juga mengajukan usulan anggaran untuk Formula E mencapai Rp1,3 triliun. Sebesar Rp360 miliar untuk commitment fee dan Rp934 miliar untuk biaya penyelenggaraan.

Tak hanya itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku salah satu pengurus kejuaraan balapan mobil listrik tersebut sebelumnya menyampaikan biaya yang dibutuhkan membangun infrastruktur Rp300 miliar hingga Rp350 miliar.

Hal ini tentu saja menuai banyak kecaman, baik dari masyarakat maupun anggota DPRD DKI Jakarta yang menilai bahwa kejuaraan Formula E tersebut hanya membuang anggaran daerah saja.

Formula 1DKI JakartaFormula EAnies BaswedanNetizenBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini