x

Eksklusif: Alex Albon Bicara soal Target Juara Dunia F1 dan Max Verstappen

Rabu, 9 September 2020 15:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Alex Albon, pembalap F1 dari tim Red Bull Racing.

INDOSPORT.COM Alex Albon tampil mengesankan dalam debutnya di ajang Formula 1 pada 2019 lalu. Tampil bersama Toro Rosso, ia kemudian menggantikan Pierre Gasly di Red Bull Racing pada pertengahan musim.

Albon lalu finish di akhir musim sebagai peringkat delapan dan membawa pulang gelar rookie terbaik di F1 2019.

Kepada INDOSPORT, pembalap Thailand pertama sejak enam dekade terakhir ini pun berbagi pengalamannya saat pindah tim di pertengahan musim.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya harus beradaptasi terutama dengan budayanya. Toro Rosso adalah tim Italia, mereka seperti tim junior dari Red Bull dan mereka selalu memperhatikan pembalap rookie,” buka Albon dalam wawancara via aplikasi daring, Kamis (03/09/20).

“Ketika masuk tim Red Bull, jelas sekali atmosfernya beda. Mereka adalah tim juara dan lebih banyak peduli soal performa serta bagaimana memaksimalkan mobil. Jadi saya akan bilang ada perbedaan dinamik. Sejujurnya saya sangat menikmati kedua tim ini.”

Menjadi pembalap F1 tentu butuh latihan keras secara fisik. Namun, bagaimana cara Albon untuk mempersiapkan mentalnya jelang balapan yang penuh tekanan?

“Di pekan balapan, saya bukan orang yang suka mendengarkan musik terlalu sering. Saat mempersiapkan fisik, Anda akan berada dalam kondisi mental yang siap untuk balapan. Kami melakukan perenggangan dan pemanasan. Setelah itu 'membangunkan' otak saya dengan semacam alat sensor cahaya, untuk melatih waktu reaksi,” ungkapnya.

Pembalap F1 tim Red Bull Racing, Alex Albon, menunjukkan sensor cahaya yang dipakainya ketika berbincang dengan INDOSPORT.

Selain itu, Albon juga berkonsultasi dengan seorang psikolog untuk mempersiapkan fokusnya. Ia pun membandingkan F1 dengan olahraga tenis, di mana para pembalap sangat mengandalkan presisi dan kepercayaan diri.

INDOSPORT juga mengulik sekilas soal hubungannya dengan rekan setim di Red Bull Racing yakni Max Verstappen. Ia menyatakan rekannya itu adalah orang yang berani blak-blakan.

“Kita sudah ketemu terus di sirkuit, jadi cenderung jarang bergaul di luar itu. Sepertinya semua pembalap juga begitu,” beber pria kelahiran 1996 ini.

“Max adalah orang baik. Kami cocok dan sangat jujur satu sama lain. Kadang di olahraga ngetop mereka aslinya berbeda, tapi Max sangat blak-blakan. Tak ada politik dalam pekerjaan kami. Tentu saja dia sangat berbakat dan dia punya sesuatu yang bisa saya contoh.”

Namun, sepertinya Albon akan lebih sering bergaul bersama Verstappen. Pasalnya, ia belum lama pindah ke Monaco, tempat yang sama di mana Verstappen dan deretan pembalap F1 top lainnya tinggal saat ini.

Terakhir, Albon mengutarakan goal di musim ini bersama Red Bull Racing serta target utamanya di Formula 1.

“Untuk target tahun ini, saya mencari perbaikan diri, untuk bersaing di garda terdepan dengan pembalap-pembalap Mercedes. Saya tak bilang harus mendapat podium minggu ini atau minggu depan, tapi bagaimana meningkatkan diri bersama tim dan mobil untuk tampil lebih baik. Saya harus fokus ke hal-hal kecil yang penting, itulah saat kita akan mendapatkan hasil.”

“Target di masa depan cukup sederhana, menjadi juara dunia Formula 1,” pungkasnya tegas.

Baca Juga
Baca Juga

Alex Albon akan kembali berlaga di balapan F1 GP Tuscan di Sirkuit Mugello, Minggu (13/09/20) mendatang pukul 19.00-22.00 WIB. Anda bisa menyaksikan balapan ini di FOX Sports, yang tersedia di:

MNC Vision: CH 301 (SD) | CH 421 (HD)

First Media: CH 157 (SD) | CH 314 (HD)

Trans Vision: CH 911 (HD)

Indihome: CH 705 (SD) | CH 973 (HD) 

Red Bull F1F1Max VerstappenFormula 1Toro Rosso F1Alexander AlbonBerita F1

Berita Terkini

Berita Terpopuler