x

Akademi VR46 yang Bikin Valentino Rossi Keluar Uang Miliaran Tiap Tahun

Senin, 14 September 2020 20:46 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Pembalap MotoGP Valentino Rossi mendirikan akademi balap VR46 yang kini melahirkan pembalap masa depan MotoGP.

INDOSPORT.COM - MotoGP San Marino di Sirkuit Misano menghadirkan cerita menarik yakni persaingan Valentino Rossi dengan dua anak didik dari akadedemi balap VR46. Lantas bagaimana cerita awal dibentuknya akademi balap VR46 milik Rossi tersebut?

Persaingan menarik terjadi antara Valentino Rossi dengan jebolan akademi VR46 yakni Francesco Bagnaia (Pramac Ducati). Di lap-lap akhir, The Doctor yang sudah susah payah memoertahankan posisi ketiga justru harus ikhlas disalip pembalap Prema Ducati itu.

Baca Juga
Baca Juga

Rossi bahkan sedikit berkelakar jika tahu akan dikalahkan eks anak didiknya, ia tak akan mendirikan akademi Vr46. Namun tentu saja itu hanya candaan semata karena Rossi sangat disayangi oleh para jebolan VR46 yang kini menjadi pembalap MotoGP.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) jebolan VR 46 yang keluar sebagai juara MotoGP San Marino sempat menyatakan jika legenda balap Italia itu bak teman dan gurunya. Meski harus bersaing saat balapan, namun ia akan mencari Rossi sebelum naik podium untuk memeluknya.

"Saya bisa di sini karena kepercayaan dia untuk saya saat saya masih bukan siapa-siapa. Sedikit aneh karena kami bersaing sekarang tapi semua berakhir setelah balapan dan dia adalah sahabat saya, seperti paman atau saudara dan saya ingin memeluknya," ujar Morbidelli.

Rosssi sendiri memiliki alasan istimewa di balik keputusannya mendirikan akademi VR46 untuk para pembalap muda tersebut. Berawal dari keinginan untuk melihat pembalap muda italia untuk berkembang, Rossi akhirnya mendirikan VR46 pada 2013 silam.

"Ide utama di balik pembentukan Akademi VR46 adalah untuk membuat para pembalap Italia dapat mencapai level tertinggi dalam karier balapan mereka. Kami mencoba memiliki pembalap-pembalap yang cepat, namun dengan sikap yang baik,” jelas Rossi, dikutip dari Tuttomotoriweb.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Morbidelli dan Bagnaia di MotoGP, di level Moto2 ada pula Luca Marini, adik Rossi yang menjadi calon juara tahun ini. 

Meski kini berada di tim berbeda, Rossi sebagai mentor bahkan masih sering berlatih dengan Morbidelli dan Bagnaia saat jeda libur balapan. Rossi dan anak-anak didiknya di akademi VR46 memilih kawasan Tavullia, Italia sebagai tempat latihan.


1. Rossi Biayai Akademi VR46 dengan Dana Fantastis

Pembalap Italia, Franco Morbidelli yang juga jebolan akademi VR46.

Valentino Rossi tak ragu mengeluarkan biaya fantastis untuk VR46. Tak cuma asal balap, VR46 juga benar-benar menjaga kondisi para murid didikan mereka dengan sungguh-sungguh

"Anak-anak yang latihan disini, juga di pusat kebugaran di Misano, mereka punya pelatih dan dokter yang bekerja dengan mereka," ungkap rekan sekaligus sahabat dekat Rossi, Alberto Tebaldi, seperti dilansir Speedweek.

"Jika kau minta aku sebut angka, tiap orang dari mereka menghabiskan uang 60 ribu hingga 70 ribu Euro setiap tahunnya," jelas Albi soal masalah pembiayaan setiap murid sahabatnya itu di akademi balap tersebut.

Untuk menjadi murid di akademi VR46 juga tak bisa sembarangan. Pelatih dan pengurus VR46 Academy, Carlo Casabianca, menyebut tak ada biaya sepeser pn yang harus disetor calon-calon pembalap muda itu untuk menjadi bagian dari VR46.

"Satu hal yang tidak banyak orang tahu bahwa pembalap yang masuk akademi tidak membayar apapun," kata Casabianca.

"Mereka tidak membayar untuk nge-gym, untuk latihan di Misano, dan motor yang mereka pakai, tidak ada," jelasnya.

Meski begitu, seleksi ketat harus dilalui para calon murid yang akan dimentori Rossi itu. Semua bakat-bakat muda di akademi VR46 memiliki skil dan kemampuan balap yang akan terus diasah jika mereka sukses masuk.

Valentino RossiMotoGPVR46 AcademyFranco MorbidelliFrancesco Bagnaia

Berita Terkini

Berita Terpopuler