x

Bencana Masih Berlanjut, Marc Marquez Berpotensi Jalani Operasi Keempat

Rabu, 9 Desember 2020 12:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:

INDOSPORT.COM – Bencana yang dialami oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez masih berlanjut, lantaran ia dikabarkan berpotensi menjalani operasi untuk keempat kalinya.

Honda Racing Corporation (HRC) sebelumnya resmi mengumumkan bahwa The Baby Alien telah sukses menjalani operasi ketiga untuk mengganti pelat baru serta pencangkokan tulang pada cedera lengan kanan atasnya di di rumah sakit Ruber Internacional, Madrid, Spanyol, Kamis (03/12/20) kemarin.

Namun kini beredar kabar terbaru bahwa Marquez berpotensi menjalani operasi keempat, menyusul adanya infeksi pasca operasi ketiga, dilansir dari AS Sports.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut dokter Angel Vilamor selaku ahli traumalogi dan Direktur Medis di Klinik IQtra Medicina Avanzada, Madrid, mengatakan bahwa ia optimis Marquez bakal comeback di MotoGP 2021 tepat waktu, namun infeksi yang menggorotinya bakal membuat masa pemulihan lebih lambat.

“Bakteri yang bersarang di patahan tulang Marc Marquez bisa meningkatkan risiko proses konsolidasi yang berkepanjangan dan memperlambat proses penyembuhan, ” kata dr Angel Villamor.

“Bakteri juga menghalangi pembentukan kalus serta menyebabkan pseudarthrosis atau ketidakmampuan untuk menyembuhkan dan ini mengarah pada perlunya pembedahan baru,” tambahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Namun dr Angel Villamor juga menambahkan jika terapi antibiotik yang tengah dijalani Marc Marquez serta daya tahan tubuh alami rider asal Spanyol tersebut kuat dan bisa mengalahkan kumannya, maka tidak perlu memerlukan tindakan operasi lagi.

Selain itu, ahli medis tersebut mengatakan bahwa sebenarnya Marquez memiliki opsi selain naik meja operasi lagi, yakni menggunakan alat fiksator eksternal, yang terdiri dari sekrup yang dijangkar di kedua fragmen tulang humerus yang diberi jarak dari fraktur agar tak terkena infeksi.

Namun spekulasi tersebut bisa saja berubah, mengingat saat ini Marc Marquez harus menjalani terapi antibiotik selama beberapa pekan untuk melihat perkembangannya pasca operasi.

Marc MarquezHondaMotoGPBerita OlahragaBerita SportBerita MotoGP

Berita Terkini