x

Beda Warna dalam Satu Tim MotoGP? Tidak Masalah!

Rabu, 10 Maret 2021 17:51 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini

INDOSPORT.COM - Bagi pembalap atau tim, warna adalah identitas. Contoh gampangnya dalam persaingan MotoGP adalah Ducati itu identik dengan merah, Yamaha itu biru, lalu Honda itu oranye.

Tak hanya tim, pembalap juga biasanya punya warna identitas. Paling gampang dikenali tentu saja Valentino Rossi (Italia) yang selalu menyertakan warna neon atau kuning menyala dalam setiap outfit balapnya.

Warna-warna identitas ini juga memudahkan penonton untuk mengenali para pembalap saat di lintasan, selain nomor motor yang dipakai.

Dalam satu tim, baju balap yang dipakai pembalap biasanya memiliki tone warna yang sama, meskipun masing-masing bisa saja memiliki sponsor berbeda. Kalaupun berbeda, biasanya tidaklah mencolok, kecuali bagian tertentu yang menunjukkan identitas sang pembalap.

Baca Juga
Baca Juga

Contohnya, pada MotoGP 2015, Yamaha diperkuat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Baju balap yang dipakai Rossi adalah Dainese, sementara Lorenzo memakai Alpinestars.

Sekilas warna biru baju balap mereka memang sama. Tetapi, jika diperhatikan lagi, ada beda tone di antara keduanya. Baju Rossi juga dihiasi warna neon, sementara Lorenzo menambahkan warna merah, serta hitam dan putih di bagian kaki.

Mereka terlihat sama, tetapi tetap berbeda. Orang juga dengan mudah tetap bisa mengenali bahwa mereka adalah satu tim.


1. LCR Honda

Livery motor baru Alex Marquez bersama LCR Honda untuk MotoGP 2021 .

Perbedaan-perbedaan minor yang terlihat pada Rossi dan Lorenzo di atas juga terjadi pada baberapa pembalap dan tim. Namun, bagaimana jika perbedaan yang terlihat sangat mencolok?

Jawabannya, masih sah-sah saja! Pada persaingan MotoGP 2021, ada beberapa tim yang turun dengan dua pembalap memakai baju balap yang memiliki corak sangat berebeda.

Baca Juga
Baca Juga

LCR Honda tahun ini akan turun dengan dua pembalap yaitu Takaaki Nakagami (Jepang) dan Alex Marquez (Spanyol). Serunya, dua pembalap ini akan turun dengan corak baju balap yang sangat berbeda.

Hal ini dipengaruhi oleh sponsor yang mereka usung. Nakagami akan turun dengan sponsor Idemitsu. Corak baju dan motor yang dipakai tidak berbeda jauh dengan musim lalu, dengan warna merah dan putih mendominasi.

Sementara itu, Alex Marquez yang baru bergabung dengan LCR Honda musim ini akan turun dengan warnah dominan merah, hijau, dan biru. Sponsor yang dia usung adalah Givi.

Meskipun sama-sama bernama LCR Honda, sebenarnya ada dua bagian di dalamnya, yaitu LCR Honda Idemitsu dan LCR Honda Castrol.

Ini bukanlah tahun pertama LCR Honda turun dengan corak motor dan baju pembalap yang berbeda. Sejak 2018, Cal Crutchlow dan Nakagami sudah turun dengan "identitas" berbeda.


2. Avintia dan Sky VR46

Pembalap Italia, Luca Marini.

Dua dari empat pendatang baru atau rookie MotoGP tahun ini akan tergabung di tim Esponsorama Racing. Mereka adalah Enea Bastianini (Italia) dan Luca Marini (Italia).

Lagi-lagi, dua pembalap ini akan turun dengan kostum berbeda meskipun berada di tim yang sama.

Bastianini yang turun dengan nomor 23 akan turun dengan motor yang didominasi warna biru, khas Avintia. Sementara itu, Marini akan turun dengan warna gelap khas Sky VR46.

Marini memang naik ke MotoGP dengan membawa sponsor berbeda. Adik tiri Valentino Rossi tersebut merupakan perwakilan pertama VR46 di MotoGP.

Meski beda corak kostum, Marini dan Bastianini akan turun dengan motor yang sama pada persaingan tahun ini.

Valentino RossiJorge LorenzoMotoGPCal CrutchlowAlex MarquezTakaaki NakagamiLCR HondaMotoGP 2021

Berita Terkini