x

Hasil F1 GP Azerbaijan: Verstappen dan Hamilton Sial, Perez Juara!

Minggu, 6 Juni 2021 21:31 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Sergio Perez raih juara F1 GP Azerbaijan mengalahkan Max Verstappen dan Lewis Hamilton.

INDOSPORT.COM - Gelaran balapan Formula 1 (F1) GP 2021 memasuki seri ke-6 bertajuk Azerbaijan GP, Minggu (06/06/21). Berikut hasil lengkap pertandingannya.

Berlatar di Sirkuit Baku City, Azerbaijan, Charles Leclerc mampu memimpin lebih dulu gara-gara merebut pole position. Bisakah pebalap Ferrari ini meraih juara pertama dari dominasi Lewis Hamilton (Mercedes) atau Max Verstappen (RB Racing)?

Baca Juga
Baca Juga

Pada lap awal, dominasi pebalap berusia 23 tahun itu langsung runtuh kala bersaing dengan Hamilton. Benar saja, memasuki putaran keenam, sang juara dunia tujuh kali langsung sukses rebut posisi satu.

Malang bagi Leclerc, ia langsung disalip oleh Verstappen dan Sergio Perez hingga harus rela tergeser ke posisi empat. Kini tiga posisi teratas kembali dikuasai oleh para pebalap veteran yang memang langganan juara.

Hanya saja, pengendara unggulan Mercedes harus rela kehilangan tempat pertama gara-gara harus masuk pit stop. Terlempar ke posisi empat, kini dominasi balapan F1 GP Azerbaijan diambil alih oleh Sebastian Vettel.

Baca Juga
Baca Juga

Hebatnya lagi, pebalap Aston Martin melangkahi Verstappen dan Perez sekaligus! Tapi dominasinya mulai runtuh ketika lap ke-31. Perlahan tapi pasti, dua pebalap dibelakangnya langsung rebut tempat pertama dan kedua.

Uniknya, Hamilton kembali dan langsung meraih tempat ketiga dibelakang Verstappen dan Perez. Kedigdayaan dua pebalap RB Racing ini terlihat luar biasa ketika tetap konsisten menguasai peringkat satu dan dua hingga lap ke-44.


1. Verstappen Crash dan Hamilton Tergelincir, Perez Langsung Juara

Pembalap Red Bull Max Verstappen alami crash hingga gagal juara.

Beralih ke Leclerc, pebalap muda ini malah harus rela tersingkir ke posisi enam diapit oleh dua rival dari AlphaTauri. Ada Pierre Gasly di posisi lima dan Yuki Tsunoda penguasa peringkat tujuh.

Situasi mengejutkan malah terjadi pada lap ke-47, crash dialami oleh Verstappen gara-gara roda yang hancur. Ia pun langsung tersingkir secara dramatis dari balapan dan menyisakan rekan setimnya, Sergio Perez sebagai pebalap di posisi nomor wahid.

Imbas kejadian kurang beruntung yang dialami pebalap unggul RB Racing bendera merah pun dikibarkan dan balapan sempat tertunda sementara. Mobil-mobil peserta lain kembali ke pit stop agar kecelakaan ini bisa dibereskan lebih dulu.

Sekitar 10 menit berlalu, balapan kembali dilanjutkan dengan sisa dua lap terakhir. Drama terjadi, Hamilton terpaksa tertinggal ke posisi paling buncit alias 16 gara-gara tergelincir di sirkuit.

Benar saja, pada akhirnya Sergio Perez jadi juara di F1 GP Azerbaijan. Pada posisi kedua ada Sebastian Vettel (Aston Martin), Gasly (AlphaTauri), Leclerc (Ferrari), dan Lando Norris (McLaren) dari peringkat dua hingga lima. Hamilton? Berada di posisi 15.

Lewis HamiltonF1Sebastian VettelMax VerstappenFormula 1Sergio PerezGP AzerbaijanBalapBalap Mobilf1 gpCharles LeclercPierre GaslyYuki Tsunoda

Berita Terkini