x

Sirkuit Mandalika Berikan Kado Istimewa untuk HUT RI ke-76

Senin, 16 Agustus 2021 17:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
PT ITDC telah menyelesaikan pengaspalan Main Track (TrekUtama) Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika/Mandalika International Street Circuit.

INDOSPORT.COM – Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, NTB, memberikan kabar membahagiakan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang jatuh pada hari Selasa (17/08/21).

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), pada hari Selasa sore WIB, mengumumkan bahwa proses pengaspalan track lane Mandalika International Circuit sepanjang 4,31 km  telah selesai.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini ditandai dengan seremoni yang digelar di area tikungan 2 dan 3 Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Direkrut Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan bahwa hal ini menjadi kado istimewa bagi Indonesia di dalam menyambut HUT RI ke-17 yang diperingati pada 17 Agustus.

Penyelesaian pengaspalan ini juga menunjukkan hasil dari kerja keras dan kerjasama kita semua dalam mewujudkan mimpi kita untuk menghadirkan Sirkuit kelas dunia.

“Hari ini adalah hari bersejarah bagi kami. Alhamdulillah, Kami telah menyelesaikan pengerjaa pengaspalan Main Track Mandalika International Street Circuit,” kata Abdulbar M. Mansoer, dalam pres rilis yang diterima INDOSPORT.

Abdulbar  menjelaskan bahwa pekerjaan penghamparan aspal pada main track menggunakan 3 unit alat finisher dengan teknologi satelit yang menjamin kualitas permukaan dan kemiringan sesuai desain, serta diawasi langsung oleh tenaga profesional.

“Hal ini menjadikan Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu sirkuit yang bisa menawarkan kecepatan 330 KM per jam dengan tetap memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pembalap,” sambungnya.

Di luar pengaspalan, pihak ITDC juga telah merampungkan pemasangan concrete barrier dan pembangunan tunnel yang berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, service area, hotel serta fasilitas lain di dalam area trek.

Baca Juga
Baca Juga

Jadi, secara keseluruhan pekerjaan konstruksi pembangunan Mandalika International Street Circuit sudah sekitar 92 persen. Fasilitas pendukung lainnya seperti race control dan pondasi pit building juga tengah dikerjakan.

Saat ini juga tengah disiapkan medical center dilengkapi helipad di dalam sirkuit, dimana operasional dan penyediaan peralatan kesehatan untuk fasilitas medis ini disupport oleh Kementerian Kesehatan.


1. Inspeksi Virtual Sirkuit Mandalika

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

Dua hari sebelumnya, tepatnya Kamis (12/08/21), digelar inspeksi virtual untuk meninjau kesiapan Mandalika menggelar balapan. Acara tersebut terpaksa digelar virtual karena warga negara asing masih dilarang masuk ke wilayah Indonesia pada saat ini.

Sejumlah petinggi di antaranya perwakilan dari Dorna Sports, World SBK Executive Director Gregorio Lavilla, dan World SBK Circuit Relations Senior Manager Eva Jirsenska hadir dalam acara tersebut.

Dengan hampir selesainya pembangunan Sirkuit Mandalika, tinggal menunggu waktu saja sirkuit ini menjadi tuan rumah balapan World Superbike (WSBK) yang dijadwalkan digelar akhir tahun 2021 ini.

Dalam acara seremoni, hadir pula Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan jajaran forkopimda NTB, Asisten Deputi Parekraf Kemenkomarves Sartin Hia, jajaran Direksi ITDC, Komisaris ITDC Irzani, Direktur Operasi Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk Yul Ari Pramuraharjo, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dan jajaran forkopimda Lombok Tengah. 

MotoGPOtomotifSirkuit MandalikaBerita MotoGPBerita Otomotif

Berita Terkini