x

Lewis Hamilton Kecam Hasil F1 GP Belgia yang Untungkan Max Verstappen

Selasa, 31 Agustus 2021 07:15 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Lewis Hamilton mengkritik hasil F1 GP Belgia di mana Max Verstappen diputuskan sebagai juara meski balapan hanya berjalan 2 lap sebagai lelucon.

INDOSPORT.COM – Lewis Hamilton mengkritik hasil F1 GP Belgia di mana Max Verstappen diputuskan sebagai juara meski balapan hanya berjalan 2 lap sebagai lelucon.

Situasi tak terduga terjadi dalam gelaran seri kedua belas di Formula 1 2021 yakni F1 GP Belgia, Minggu (29/08/21) malam WIB.

Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Spa-Francorchamps membuat balapan tersebut tidak bisa dilangsungkan sesuai rencana, dan bahkan sempat ditunda lebih dari tiga jam.

Baca Juga
Baca Juga

Para pembalap sempat menjajal turun ke lintasan, tapi kemudian kembali ke pit akibat buruknya jarak pandang karena hujan yang terlalu deras.

Setelah beberapa waktu, para pembalap kembali ke lintasan dan sempat menjalani dua lap penuh dengan panduan safety car, sebelum red flag kembali dikibarkan karena hujan yang kembali deras.

Meski demikian, dua lap tersebut cukup untuk membuat balapan dinilai sudah berhasil berjalan. Max Verstappen sukses merebut pole dan berada terdepan dalam balapan yang dipandu safety car pun dinyatakan sebagai juara, dengan George Russell dan Lewis Hamilton melengkapi podium.

Baca Juga
Baca Juga

Meksi demikian, ketiga pembalap tersebut dan para penghuni 10 besar lainnya hanya mendapatkan separuh dari poin yang seharusnya mereka dapatkan.

Namun, tambahan 12,5 poin dari F1 GP Belgia itu sudah cukup membuat Max Verstappen menipiskan jarak dengan Lewis Hamilton yang ada di puncak klasemen sementar menjadi 3 poin.


1. Sebut F1 GP Belgia Sebagai Lelucon

Lewis Hamilton dan Max Verstappen

Melalui fitur Instagram Story, Lewis Hamilton pun mengungkapkan opininya terkait keputusan yang diambil pihak Formula 1 terhadap situasi di F1 GP Belgia.

“Hari ini adalah lelucon dan para penggemar yang sudah membayar mahal untuk melihat kami membalap adalah orang-orang yang paling dirugikan,” tulis pembalap Mercedes itu.

“Tentu saja kita tidak bisa melakukan apa-apa soal cuacanya, tapi kami punya peralatan canggih yang bisa memberitahukan apa yang terjadi dan sudah jelas cuacanya tidak mungkin membaik.”

Lebih lanjut, Hamilton pun menuding gelaran F1 GP Belgia kemarin dipaksakan untuk alasan komersial. “Kami diminta membalap hanya demi satu alasan. Menjalani 2 lap di belakang safety car dengan tak ada kemungkinan perubahan posisi bukanlah balapan.”

Dengan hanya selisih 3 poin, persaingan Lewis Hamilton dan Max Verstappen diyakini akan memanas di seri ketiga belas Formula 1 2021 yakni F1 GP Belanda, Minggu (05/09/21).

Lewis HamiltonF1Max VerstappenFormula 1GP BelgiaBerita F1Formula 1 2021

Berita Terkini