x

Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika Serikat: Bagnaia Hattrick, Marquez Akhiri Puasa

Minggu, 3 Oktober 2021 04:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Marc Marquez (Repsol Honda) mengakhiri puasanya dengan bakal start di baris terdepan MotoGP Amerika Serikat, dengan pole position jadi milik Francesco Bagnaia.

INDOSPORT.COM – Marc Marquez (Repsol Honda) mengakhiri puasanya dengan bakal start di baris terdepan MotoGP Amerika Serikat, sementara pole position jadi milik Francesco Bagnaia.

Gelaran MotoGP 2021 kini memasuki seri kelima belas yakni MotoGP Amerika Serikat, yang akan digelar di Circuit of The Americas (COTA) di Austin, Texas.

Baca Juga
Baca Juga

Usai merampungkan sesi latihan bebas (free practice) 1 hingga 4, MotoGP Amerika Serikat pun menggelar sesi kualifikasi pada Minggu (03/10/21) dini hari WIB untuk menentukan posisi start dalam lomba yang digelar di hari berikutnya.

Sebagai informasi, Marc Marquez (Repsol Honda) menguasai FP 1 dan 2, sedangkan di FP 3 dan 4 Jack Miller (Ducati) yang menjadi pembalap tercepat.

Rangkaian kualifikasi dibuka oleh sesi kualifikasi pertama (Q1) untuk menentukan 2 pembalap yang berhak tampil di Q2.

Baca Juga
Baca Juga

Sesi Q1 sendiri diwarnai oleh crash menimpa sejumlah pembalap termasuk Aleix Espargaro dan Miguel Olveira, yang disinyalir karena buruknya permukaan sirkuit seperti yang sudah dikeluhkan beberapa rider.

Pada akhirnya, Luca Marini  dan Joan Mir berhasil menjadi dua pembalap tercepat di Q1 dan dengan demikian lolos ke sesi Q2.


1. Jalannya Q2

Pembalapa Ducati Team, Francesco Bagnaia, merebut pole position di MotoGP Amerika Serikat 2021.

Di Q2, Jorge Martin (Pramac) menggebrak dengan menjadi yang tercepat di awal sesi. Namun, tak lama kemudian posisinya digeser olah Marc Marquez yang memang sudah tampil apik sejak FP1 dan FP2.

Di sisa lima menit terakhir, perubahan kembali terjadi hingga akhirnya Francesco Bagnaia (Ducati) yang berhasil merebut pole position usai menorehkan catatan waktu 2 menit 02,781 detik.

Hasil ini pun membuat pembalap yang akrab disapa Pecco itu sukses meraih hattrick pole position, usai sebelumnya start terdepan di 2 balapan sebelum ini yakni MotoGP Aragon dan MotoGP San Marino.

Sementara itu, Marc Marquez akhirnya harus puas dengan start di posisi ketiga, kalah bersaing dengan Fabio Quartararo yang melejit di sesi akhir Q2 untuk merebut posisi kedua.

Meski demikian, hasil ini sudah cukup untuk mengakhiri puasa Marc Marquez. Pasalnya, ini menjadi kali pertama ia start di baris terdepan, setelah terakhir kali melakukannya di MotoGP Spanyol 2020 alias 441 hari yang lalu.

Berikut daftar lengkap hasil kualifikasi MotoGP Amerika Serikat 2021.

Marc MarquezMotoGPMotoGP Amerika SerikatOtomotifFabio QuartararoFrancesco BagnaiaMotoGP 2021Berita MotoGPBerita Otomotif

Berita Terkini