x

Hasil F1 GP Turki: Bottas Buka Puasa, Hamilton Gagal Podium

Minggu, 10 Oktober 2021 20:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Berikut hasil balapan Formula 1 GP Turki yang berlangsung di Sirkuit Istanbul Park, Minggu (10/10/21).

Start balapan Formula 1 GP Turki dimulai dalam kondisi hujan. Valtteri Bottas yang mulai dari posisi pertama, langsung melesat dan memimpin atas pembalap lainnya.

Di tikungan pertama, Fernando Alonso sempat keluar dari lintasan dan melorot ke posisi 16. Sedangkan Lewis Hamilton yang ada di start ke-11, mampu melesat ke posisi ke-9.

Baca Juga
Baca Juga

Lewis Hamilton pun terus melesat naik setingkat demi setingkat dan berhasil merebut posisi ke-7 usai mengasapi Yuki Tsunoda. Di posisi belakang, Carlos Sainz yang start dari tempat ke-19 juga berhasil melesat ke posisi 14.

Di lap ke-8, Pierre Gasly yang ada di posisi ke-5 harus mendapat penalti 5 detik setelah menghalangi Fernando Alonso saat menjalani start.

Pun dengan Alonso yang juga mendapat penalti karena menghalangi Mick Schumacher. Mantan juara dunia 2 kali ini juga mendapat penalti 5 detik.

Baca Juga
Baca Juga

Di lap ke-13 terjadi kontak antara Carlos Sainz dan Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari ini pun berhasil menyodok ke posisi ke-10.

Di lap ke-15, Hamilton kembali merangsek secara perlahan. Kali ini ia berhasil melewati Gasly dan merebut posisi ke-5 dari tangan pembalap AlphaTauri tersebut.

Hingga lap ke-20, Valtteri Bottas masih memimpin dan unggul 2,5-3 detik dari Max Verstappen setelah mengalami guncangan saat masuk di tikungan pertama.


1. Lap Selanjutnya

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, memenangkan balapan GP Austria.

Gap waktu antara pembalap pun nampaknya menipis di lap ke-25. Verstappen yang ada di tempat kedua kini hanya berjarak 2,1 detik dari Bottas.

Sedangkan Leclerc di pos ke-3 hanya berjarak 1,9 detik dari Verstappen berkat keberhasilannya mencetak lap tercepat sejauh ini.

Memasuki lap ke-35, Hamilton beradu strategi dengan Sergio Perez. Nampak keduanya terus beradu balap untuk merebut atau mempertahankan posisi ke-4.

Di lap ke-37, para pembalap teratas seperti Verstappen mulai masuk Pit Stop. Pun kemudian disusul Valtteri Bottas 1 lap kemudian. Hal tersebut memberi kesempatan untuk Charles Leclerc mengkudeta posisi pertama.

Sementara itu, pertarungan Epic antara Hamilton dan Perez pun berakhir untuk kemenangan pembalap Inggris tersebut yang berhasil merebut posisi ke-4.

Di putaran ke-45, Leclerc nampak belum menunjukkan akan Pit Stop. Pun dengan Hamilton yang yakin dengan bannya di sisa lap yang ada. Sedangkan Bottas tertahan di posisi ke-2 diikuti Verstappen yang ada di posisi ke-3.

Di lap ke-47, keengganan Leclerc untuk Pit Stop berbuah bencana setelah Bottas berhasil merebut posisi pertama darinya di tikungan pertama.

Hal tersebut membuat pembalap asal Monako ini lantas melakukan Pit Stop di lap ke-48 dan harus rela turun ke posisi ke-4.

Di lap ke-51, Hamilton nampak tak bisa memaksakan kondisi bannya hingga ia memilih masuk Pit dan mengganti bannya. Hal tersebut pun mampu dimanfaatkan Sergio Perez yang berhasil menyodok ke pos ke-3 mengungguli Leclerc.

Di tiga lap terakhir,  tak ada perubahan yang terjadi. Alhasil, Bottas berhasil meraih kemenangan di  Formula 1 GP Turki 2021 yang disusul oleh Max Verstappen di podium kedua dan Sergio Perez di podium ketiga.

Kemenangan ini menjadi kemenangan perdana Valtteri Bottas sejak GP Rusia 2020. Sedangkan hasil ini juga membuat Max Verstappen merebut puncak klasemen sementara Formula 1 2021 dari tangan Lewis Hamilton.

Lewis HamiltonValtteri BottasMax VerstappenFormula 1Charles LeclercF1 GP TurkiFormula 1 2021

Berita Terkini